Antisipasi Karhutla, Polisi Intensifkan Patroli Hutan di Blora

Jum'at, 04 September 2020 - 09:32 WIB
loading...
Antisipasi Karhutla, Polisi Intensifkan Patroli Hutan di Blora
Polsek Randublatung melakukan patroli hutan di wilayah kecamatan Randublatung, Blora. Foto/Dok Humas Polres Blora
A A A
BLORA - Untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Kabupaten Blora tetap kondusif, Polres Blora terus melakukan berbagai upaya. Salah satunya adalah dengan menggelar patroli untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Patroli hutan dilaksanakan oleh satu regu personel Polsek Randublatung. Mereka menggunakan kendaraan patroli, blusukan masuk hutan di wilayah Kecamatan Randublatung, Blora, Kamis (3/9/2020). (BACA JUGA: Puluhan Pelaku Karhutla Ditangkap, Termasuk Lahan di Tol Palindra )

Kapolsek Randublatung AKP Subardo mengatakan, pihaknya menginstruksikan jajaran untuk patroli hutan secara intensif, bukan hanya untuk antisipasi pembalakan liar, namun juga mencegah kebakaran hutan terutama di musim kemarau saat ini. (BACA JUGA: Tren Karhutla Turun, Pemerintah Ajak Semua Pihak Tetap Waspada )

"Musim kemarau rawan akan kebakaran. Temuan di lapangan, masih ada warga yang membersihkan ataupun membuka lahan baru dengan cara membakar hutan, itulah yang kami khawatirkan bisa menimbulkan kebakaran hutan yang besar. Apalagi setelah membakar ditinggalkan begitu saja," kata AKP Subardo. (BACA JUGA: Bareskrim Polri Tetapkan 112 Tersangka Karhutla )

Kapolsek mengemukakan, selain rutin patroli hutan, pihaknya juga mengimbau anggota terutama Bhabinkamtibmas untuk aktif turun ke wilayah binaan guna memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar hutan untuk ikut aktif dalam menjaga kelestarian alam.

"Selain tindakan pencegahan melalui patroli, kami juga ajak warga untuk aktif berperan menjaga kelestarian hutan," ujar Kapolsek.

Sementara itu, Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan mengungkapkan, patroli hutan bukan hanya dilakukan di wilayah Kecamatan Randublatung, namun seluruh polsek jajaran di 16 kecamatan.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2256 seconds (0.1#10.140)