Kobaran Api Lalap Hutan Lereng Gunung Andong Magelang

Kamis, 10 Agustus 2023 - 21:12 WIB
loading...
Kobaran Api Lalap Hutan Lereng Gunung Andong Magelang
Kobaran api terlihat membakar hutan Gunung Andong, Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Kamis (10/8/2023) malam. Foto/Ist.
A A A
MAGELANG - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda lereng Gunung Andong di Dusun Temu Kidul, Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (10/8/2023) malam. Titik karhutla diperkirakan ada di petak 26 C, yang vegetasinya rumput alang-alang dan pohon keras.



Belum diketahui penyebab dan luasan lereng Gunung Andong, yang dilanda karhutla. Titik api, pertama kali terlihat di sisi barat lereng Gunung Andong, sekitar pukul 13.00 WIB. Warga yang melihat titik api, langsung melapor ke Perhutani dan BPBD Kabupaten Magelang.



Selanjutnya, pada pukul 15.00 WIB, tim gabungan melakukan upaya pemadaman karhutla secara manual. Namun upaya pemadaman karhutla tersebut, terkendala angin kencang dan lokasi kebakaran yang terjal.

Kobaran Api Lalap Hutan Lereng Gunung Andong Magelang




"Titik api terlihat di bawah puncak Alap-alap. Penyebabnya belum diketahui," kata warga Jogoyasan, Sutrisno (46). Saat ini, pemadaman difokuskan untuk titik api yang bisa dijangkau. Tim gabungan melakukan upaya mencegah perambatan api di jalur pendakian.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4868 seconds (0.1#10.140)