PT NSHE Jadi Motor Utama Keluarnya Sertifikat IG Kopi Sipirok

Rabu, 21 November 2018 - 14:49 WIB
PT NSHE Jadi Motor Utama Keluarnya Sertifikat IG Kopi Sipirok
PT NSHE Jadi Motor Utama Keluarnya Sertifikat IG Kopi Sipirok
A A A
TAPANULI SELATAN - Tak banyak yang tahu, ternyata PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE), berperan penting dalam percepatan penerbitan sertifikat IG Kopi Sipirok, yang diserahkan langsung oleh Staf Ahli Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham), DR Rialdy.

IG tersebut diterima Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Syahrul M Pasaribu, disaksikan Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar, Sekretaris Daerah (Sekda) Parulian Nasution, serta Public Relations PT NSHE Dede Wafiza Ashia, di Lapangan Sarasi 2, Bintuju, Kecamatan Angkola Muaratais, Tapsel.

Public Relations PT NSHE Dede Wafiza Ashia mengatakan, kemandirian komunitas berdasarkan sumber daya lokal penting dalam hubungan PT NSHE dengan masyarakat sekitar. Menurutnya, sertifikat IG menunjukkan keberhasilan komunitas dalam meningkatkan kemandirian itu.

"Motivasi perusahaan sejalan dengan Nawacita, yaitu untuk membantu masyarakat," ujarnya ketika ditemui.

Dia menjelaskan, dengan dikeluarkannya sertifikat IG itu, maka produk Kopi Sipirok akan mampu lebih bersaing baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Seiring dengan itu, harga produk juga akan lebih layak apabila dibandingkan sebelum terbitnya sertifikat IG tersebut."Yang pastinya, label Kopi Sipirok akan lebih dikenal dan tidak dicaplok oleh orang lain," tuturnya.
Lebih lanjut Dede menceritakan, awalnya alm Ir Agus Supriono (PR NSHE terdahulu) dan Erwinsyah dari Ovata, sepakat untuk bekerja sama meningkatkan perkebunan kopi dan pemasaran. NSHE akan membantu percepatan sertifikat IG karena sangat penting dalam pemasaran Kopi Sipirok.

"Inplementasi awal kerja sama itu, Erwinsyah langsung diajak ke Jember, Bondowoso melihat Litbang kopi, benchmark untuk pengembangan di Sipirok," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengatakan, sertifikat kopi Arabika Sipirok dari Kemenkumham RI merupakan keberhasilan program dana desa yang sejalan dengan pengembangan ekonomi kreatif. Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam merangsang masyarakat untuk menumbuhkembangkan inovasi.

"Saya berharap kepada petani kopi agar semakin bergairah untuk bertanam kopi sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan, sebagaimana kesungguhan pemerintah dalam menumbuhkan inovasi maupun kreasi," ujar bupati yang menjabat dua periode itu.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6409 seconds (0.1#10.140)