KA Komuter Jateng-DIY Siap Beroperasi 1 Desember

Senin, 19 November 2018 - 16:11 WIB
KA Komuter Jateng-DIY Siap Beroperasi 1 Desember
KA Komuter Jateng-DIY Siap Beroperasi 1 Desember
A A A
SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero segera mengoperasionalkan kereta api (KA) jenis komuter (Commuter) untuk menghubungkan sejumlah kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kereta ini dijadwalkan mulai beroperasi pada 1 Desember 2018.

"Saat ini kita masih membahasnya. Tapi yang jelas ini memang baru bocoran. Nanti pada 1 Desember akan ada perjalanan KA baru," kata Managger Humas PT KAI Daop 5, Supriyanto, Senin (19/11/2018).

Menurutnya, saat ini masih dilakukan pendalaman mengenai hal-hal teknis, di antaranya jadwal serta rangkaian kereta. Prediksi rangkaiannya, bisa meneruskan KA Kamandaka dengan relasi Purwokerto-Semarang Tawang, atau dapat pula dengan KA baru.

KA tersebut rencananya akan melayani penumpang dengan rute Purwokerto-Tegal-Semarang-Solo-Yogyakarta-Kutoarjo-Kroya-Purwokerto. Meski demikian, belum bisa dipastikan titik pemberangkatan KA komuter berasal dari Purwokerto atau Yogyakarta.

"Kemungkinan akan memakai satu kereta eksekutif dan tujuh premium, tapi ini belum pasti. Masih bisa berubah nanti," tukasnya.

Supriyanto menyampaikan rangkaian KA tersebut akan menjadi sarana angkutan alternatif bagi masyarakat atau penumpang dari kawasan pantai utara, ke wilayah selatan Jateng dan sebaliknya. Tentu ini bakal menunjang beragam kepentingan masyarakat baik pekerjaan, pendidikan, hingga wisata.

"Ini sekaligus untuk angkutan Natal dan Tahun Baru. Untuk okupansi KA Kamandaka rata-rata di atas 80 persen. Jadi peminat penumpang jurusan Purwokerto-Semarang, Purwokerto-Tegal-Semarang, cukup bagus," jelas dia.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4126 seconds (0.1#10.140)