Demi Nikmati Durian, Bule asal Prancis Ini Terbang ke Kalbar

Jum'at, 27 Juli 2018 - 16:30 WIB
Demi Nikmati Durian, Bule asal Prancis Ini Terbang ke Kalbar
Demi Nikmati Durian, Bule asal Prancis Ini Terbang ke Kalbar
A A A
SANGGAU - Ada yang berbeda di halaman Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat (27/7/2018) siang. Ratusan orang, dari warga lokal hingga mancanegara, kumpul menyaksikan kontes durian unggul asli daerah ini.

Tak kurang dari 102 varietas durian unggulan asli Kalimantan Barat ikut dalam kontes akbar tahunan ini. Varietas durian ini diadu rasanya, mana yang paling enak keluar sebagai juara.

Yang menarik, kontes ini dihadiri oleh ratusan pecinta durian yang tidak hanya berasal dari sekitaran Kalimantan Barat, tapi juga luar pulau, seperti Jawa dan Sumatera. Bahkan ada pula bule asal Prancis dan Belgia yang ikut hadir menikmati durian asli Balai Karangan, Sekayam.

"Saya sudah dua tahun berturut-turut datang ke Balai Karangan untuk mencicipi durian. Setiap diadakan kontes saya datang," kata Frederick, wisatawan asal Prancis di sela kontes.

Sementara itu, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), suwandi yang menghadiri kontes durian lokal di Balai Karangan mengapresiasi kegiatan rutin yang telah memasuki tahun kelima ini. Dia berharap dalam kontes durian juga digelar pameran sebagai media promosi produk-produk lokal Kabupaten Sanggau.

"Kementan terus mendorong konsumsi pangan lokal. Durian lokal diharapkan hadir di meja makan, restoran-restoran, pasar, dan bahkan harus mampu diekspor keluar negeri," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6648 seconds (0.1#10.140)