Pathilo, Aplikasi Pendaftaran Online Bebas Antre di RSUD Wonosari

Kamis, 19 Juli 2018 - 11:41 WIB
Pathilo, Aplikasi Pendaftaran Online Bebas Antre di RSUD Wonosari
Pathilo, Aplikasi Pendaftaran Online Bebas Antre di RSUD Wonosari
A A A
GUNUNGKIDUL - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membuat terobosan dalam pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat. Warga kini tidak harus antre ketika hendak berobat ke rumah sakit milik daerah tersebut.

Pemkab Gunungkidul telah meluncurkan aplikasi online Pathilo yang memudahkan pasien dalam memperoleh layanan kesehatan. Pathilo merupakan akronim dari pendaftaran tanpa antrean dengan sistem online. Selain itu, pathilo juga merupakan nama makanan khas asli Gunungkidul berupa kerupuk yang terbuat dari singkong.

"Kami berharap masyarakat bisa menggunakan aplikasi Pathilo untuk menghindari antrean layanan kesehatan," kata Direktur RSUD Wonosari Heru Sulistyowati, Rabu (18/7/2018).

Untuk memanfaatkan layanan ini, masyarakat harus mengunduh aplikasi Pathilo di Paly Store terlebih dahulu. Setelah itu membuat akun agar bisa login (masuk) ke dalam aplikasi. Jika berhasil masuk, pengguna bisa langsung memilih layanan yang diinginkan, termasuk jadwal klinik ketika ingin berobat.

Selain meluncurkan aplikasi Pathilo, RSUD Wonosari kini juga memiliki videotron. Ini merupakan satu-satunya di Kabupaten Gunungkidul. Melalui videotron ini akan ditampilkan seluruh informasi layanan kesehatan di RSUD Wonosari. Pemanfaatan videotron ini ditandai dengan nonton bareng final Piala Dunia 2018, beberapa waktu lalu.

"Ini (videotron) sarana kami menyampaikan berbagai informasi RSUD, termasuk sistem layanan pendaftaran pasien secara online," kata Heru Sulistyowati.

Salah satu keluarga pasien RSUD Wonosari, Wisnu Prasetyo mengaku terbantu dengan videotron dan juga sistem pendaftaran online. Paling tidak, untuk periksa rutin tidak harus antre seperti sebelumnya. "Tadinya, jam 05.30 WIB saya antre sudah mendapatkan nomor besar di atas 30. Sekarang lebih cepat. Begitu juga informasi bagi kamar pasien dan layanan lain terpampang di videotron. Ini inovasi luar biasa," kata Warga Piyaman, Wonosari, GUnungkidul ini.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9744 seconds (0.1#10.140)