Stan Pameran Sleman Terpilih Jadi Juara Umum di AOE 2018

Senin, 09 Juli 2018 - 23:00 WIB
Stan Pameran Sleman Terpilih Jadi Juara Umum di AOE 2018
Stan Pameran Sleman Terpilih Jadi Juara Umum di AOE 2018
A A A
SLEMAN - Stan pameran Kabupaten Sleman, DIY terpilih menjadi yang terbaik dalam APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Otonomi Expo (AOE) 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang, Jumat-Minggu (6-8/7/2018). Stan Sleman menyabet tiga kategori yaitu juara 3 kategori komunikatif, special design, dan stan juara umum. Selain tiga kategori tersebut, ada empat kategori lain yakni stan favorit, kreatif, inspiratif, dan terfavorit.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Sleman, Emmy Retnosas mengatakan, stan Sleman dikemas dan didesain dengan menggunakan bahan bambu yang menjadi salah satu produk unggulan Sleman. Stan didesain dengan latar belakang suasana objek wisata di Sleman yakni Tebing Breksi. Sedangkan materi yang dipamerkan pada kegiatan tersebut adalah potensi Sleman yang merupakan binaan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perikanan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT), Dinas Pariwisata, dan Dinas Kebudayaan.

"Dalam kegiatan pameran tersebut turut melibatkan 8 orang UKM, yakni 1 orang perwakilan dari Assosiasi Pengusaha Industri Makanan dan Minuman (ASPIKA), 1 orang dari Asosiasi Batik Sleman Mukti Manunggal, 1 orang dari Assosiasi Pasar Tani (ASPARTAN) dan dan sisanya UKM mandiri," kata Emmy yang penanggung jawab stan pameran Sleman, Senin (9/7/2018).

Stan Sleman setiap hari hampir tak pernah sepi pengunjung. Salah satu daya tarik yang menjadi magnet adalah pojok angkringan yang menyajikan Kopi Merapi milik Pak Sumijo, wedang secang, nasi kucing, gorengan dan praktik membatik yang diiringi dengan alunan musik gamelan. Walau pun di dalam kegiatan expo tidak ditekankan untuk retail, namun pengunjung tetap antusias untuk membeli produk Sleman. Selama tiga hari telah terjadi transaksi Rp85 juta.

"Pada acara tersebut juga telah terjadi kerja sama antara UKM kerajian aksesori perhiasan dari Kabupaten Sleman dengan para pengusaha, di antaranya dari Kota Makassar, Pati, dan Itali. Selain itu, UKM ecoprint juga menjalin kerja sama dengan pengusaha asal Yogya," paparnya.

Emmy berharap acara ini menjadi sarana promosi multisektor. Sehingga nantinya dapat meningkatkan nilai tambah bagi pelaku UKM di Kabupaten Sleman. "Dengan adanya acara ini, semoga banyak buyer yang merespons positif. Itulah tujuan kita, promosi inovasi daerah," katanya.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Sleman Sri Winarti menambahkan kegiatan AOE 2018 diikuti 200 stan yang berasal dari pemerintah kabupaten, provinsi dan kementerian serta pelaku usaha dari seluruh Indonesia.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0523 seconds (0.1#10.140)
pixels