Dongkrak Partisipasi Pemilih Pilgub Jabar, Kesbangpol Sasar Generasi Milenial

Senin, 07 Mei 2018 - 09:07 WIB
Dongkrak Partisipasi Pemilih Pilgub Jabar, Kesbangpol Sasar Generasi Milenial
Dongkrak Partisipasi Pemilih Pilgub Jabar, Kesbangpol Sasar Generasi Milenial
A A A
BANDUNG - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat terus berupaya mendongkrak angka partisipasi pemilih dalam ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 yang digelar di 16 kabupaten/kota di Jabar.

Kepala Badan Kesbangpol Jabar Ruddy Gandakusumah mengaku, optimistis para pemilih pemula atau yang kerap disebut generasi milenial itu sebenarnya memahami kehidupan berdemokrasi, termasuk menggunakan hak pilihnya dalam hajat demokrasi.

Namun, Ruddy juga mengakui, generasi milenial yang akrab dengan kehidupan internet itu memiliki sikap yang lebih kritis, termasuk dalam menyikapi ajang pilkada. Oleh karenanya, kata Ruddy, mereka harus diyakinkan melalui cara pandang mereka, agar mereka mau menggunakan hak pilihnya.

"Bagaimana kita mengemas satu acara (sosialisasi) dan meyakinkan mereka dengan cara pandang mereka, di antaranya lewat kolaborasi hiburan. Kita ajak mereka, yakinkan mereka bahwa sebagai warga negara, mereka juga punya hak (memilih) yang dijamin konstitusi," tegas Ruddy saat dihubungi, Senin (7/5/2018).

Ruddy melanjutkan, pihaknya menjadikan pemilih pemula yang jumlahnya cukup besar di Jabar itu sebagai objek sosialisasi Pilgub Jabar dan Pilkada Serentak 2018. Komitmen bersama seluruh pemangku kepentingan, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemililu (Bawaslu) Jabar pun telah dibangun agar partisipasi pemilih pemula di Pilgub Jabar, termasuk Pilkada Serentak 2018 meningkat.

"Istilahnya begini, apa yang bisa menarik perhatian mereka, sehingga mereka tertarik dan itu edukasi yang terus kita lakukan. Selain lewat hiburan, kita juga lakukan (sosialisasi) lewat medsos. Ada juga Kemah Bakti, Jambore Ormas, kita selipkan sosialisasi. Banyak program yang kita buat, termasuk di kabupaten/kota yang juga melibatkan jaringan mitra strategis kita," papar Ruddy.

Ruddy menyebutkan, salah satu upaya yang telah dilakukan pihaknya bersama Bawaslu dan KPU Jabar adalah menggelar Harmoni Pesta Demokrasi yang dipusatkan di SOR Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu 5 Mei 2018. Kegiatan yang digelar hingga malam hari tersebut dihadiri ribuan generasi milenial.

Selain menghadirkan berbagai pentas seni, pihaknya pun menghadirkan Band Kotak yang disambut antusias, khususnya oleh generasi milenial. "Melihat tren yang ada dan pengalaman, saya optimistis, target partisipasi pemilih di Pilgub Jabar dan Pilkada Serentak tahun ini akan tercapai," tandas Ruddy.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4413 seconds (0.1#10.140)