4 Tahun Berpisah, Pertemuan Keluarga Afganistan di Manado Mengharukan

Senin, 26 Maret 2018 - 21:55 WIB
4 Tahun Berpisah, Pertemuan Keluarga Afganistan di Manado Mengharukan
4 Tahun Berpisah, Pertemuan Keluarga Afganistan di Manado Mengharukan
A A A
MANADO - Gigihnya perjuangan warga Afganistan, Frista Haedari bersama putrinya Hasnah Haedari yang masih berumur 4,6 tahun yang ingin bertemu suaminya Muhammad Yasin Haidari di Rudenim Manado akhirnya membuahkan hasil. Rasa haru dan bahagia sudah pasti terpancar di wajah ketiganya dalam pertemuan tersebut.

Apalagi mereka telah melewati masa-masa sulit yang cukup panjang. Empat tahun bukan waktu yang pendek untuk sebuah perpisahan bagi sebuah keluarga. Itu pula yang dirasakan ketiganya.

“Mereka sejak Jumat sudah dipertemukan. Pertama suaminya yang menemui istri dan anaknya,”terang Dodi Karnida Kepala Divisi Imigasi Sulawesi Utara, Senin (26/3/2018).

Kini, Frista Haedari bersama putrinya Hasnah Haedari hanya dititipkan di tempat penampungan suaminya sambil menunggu kepastian statusnya. Mereka sudah bertemu dan berkumpul bertiga dalam satu ruangan.

Jumat 23 Maret 2018 mereka sudah dipertemukan dengan suami yang sudah berstatus sebagai pengungsi dan tinggal di Rudenim Manado selama 2 tahun. Dia sudah memberikan petunjuk kepada Kanim Manado menyerahkan kepada Rudenim Manado untuk difasilitasi agar dapat tinggal berdekatan dengan suaminya yang tinggal didetensi di Rudenim.

“Pendekatan yang kami lakukan sebatas pendekatan kemanusiaan. Apalagi saat ini kebijakan dunia internasional terhadap pengungsi asing menjadi lebih ketat lagi sejalan dengan situasi internasional,” ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3985 seconds (0.1#10.140)