Bupati Jayapura Wajibkan Pasangan Pengantin Tanam Pohon

Senin, 19 Maret 2018 - 21:18 WIB
Bupati Jayapura Wajibkan Pasangan Pengantin Tanam Pohon
Bupati Jayapura Wajibkan Pasangan Pengantin Tanam Pohon
A A A
SENTANI - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mewajibkan kepada setiap pasangan yang hendak menikah di wilayahnya untuk menanam pohon. Hal tersebut dilakukan bupati yang memimpin Kabupaten Jayapura untuk kedua kalinya itu demi menjaga kelestarian alam serta pohon sagu yang merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Jayapura.

"Dengan menanam pohon minimal satu batang bagi pasangan pengantin diharapkan kelestarian hutan tetap terjaga. Pohonnya bisa juga sagu yang merupakan makanan pokok sebagian warga Jayapura," ujar Mathius, Senin (19/3/2018).

Dia mengakui instruksinya itu baru sebatas lisan dan belum dimasukkan ke dalam Peraturan Daerah (Perda) ataupun Peraturan Bupati (Perbup). "Tapi kita akan lanjutkan instruksi ini ke depannya dalam sebuah Perda atau bisa juga Perbup. Nanti bagaimana bagusnya kita pelajari lebih lanjut. Yang jelas instruksi tanam pohon bagi pasangan pengantin ini diterima baik oleh masyarakat," kata Mathius.

Bahkan, Mathius berharap instruksinya itu bisa diterima oleh Provinsi Papua, sehingga nantinya kewajiban tanam pohon bagi pasangan pengantin lebih meluas lagi. "Saya berharap gebrakan ini menjadi acuan juga bagi kabupaten tetangga di Papua demi untuk melestarikan alam kita."

Sementara, Roby salah seorang warga Sentani, Jayapura mengaku sangat menyambut baik instruksi tanam pohon bagi pasangan pengantin. "Instruksi itu positif sekali dan layak untuk diterapkan. Masalah pohonnya saya kira tidak terlalu dipikirkan, apakah mau bibit sagu atau pohon lainnya pun boleh," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7401 seconds (0.1#10.140)