Haryadi Suyuti Siap Penuhi Undangan Gerindra

Rabu, 11 Mei 2016 - 08:04 WIB
Haryadi Suyuti Siap...
Haryadi Suyuti Siap Penuhi Undangan Gerindra
A A A
YOGYAKARTA - Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menegaskan siap memenuhi undangan Partai Gerindra untuk memaparkan visi misi. Haryadi adalah salah satu nama dari sembilan orang yang mengambil formulir pendaftaran bakal calon kontestan Pilkada Kota Yogyakarta 2017 di Partai Gerindra.

"Kalau diundang saya siap datang," kata Haryadi, Selasa (10/5/2016).

Hingga kini Haryadi Suyuti belum memutuskan akan mengendarai partai politik (parpol) mana untuk maju sebagai bakal calon petahana. Dia mengaku masih menunggu mekanisme parpol dan tahapan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Apalagi, namanya juga masuk dalam penjaringan internal Partai Golkar, partai yang secara resmi menaunginya.

"Saat ini saya masih fokus kerja sebagai wali kota," sebutnya.

Ketua Tim Penjaringan Gerindra Kota Yogyakarta Hariyanto mengatakan, nama-nama yang mengambil formulir pendaftaran di Partai Gerindra, mulai pekan ini akan dipanggil secara bergiliran untuk memaparkan visi dan misi.

Total ada delapan nama yang telah mengambil formulir di Partai Gerindra, yakni Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, menantu Sultan Hamengku Buwono X yaitu KPH Wironegoro, Wakil Ketua I DPD Partai Gerindra Sinarbiyat Nujanat, Haryawan Emir Nuswantoro dari kalangan pengusaha muda Yogyakarta, tokoh Muhammadiyah Ahmad Syauqi Soeratno, dan Agung, Thomas, serta Inung Nurjani dari kalangan profesional.

Pemanggilan itu, lanjut Hariyanto, tak harus didahului dengan pengembalian formulir karena hingga kini memang belum ada bakal calon yang telah mengembalikan formulir ke kantor DPC Partai Gerindra Yogyakarta.

"Kami ingin tahu keseriusan mereka. Jika serius pasti hadir. Jika tidak hadir, akan dicoret," tandas Sekretaris DPC Gerindra Kota Yogyakarta itu.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kota Yogyakarta, Bambang Seno Baskoro mengaku memang banyak parpol yang ingin meminang salah satu kader terbaiknya itu. Namun partai berlambang pohon beringin itu tetap menjagokan Haryadi Suyuti. Apalagi, berdasar hasil penjaringan internal, Haryadi keluar sebagai pemenang mengalahkan delapan peserta lainnya.

"Keputusan resmi masih menunggu Musyawarah Nasional. Yang jelas Golkar mantap usung kader sendiri, Haryadi Suyuti," tandasnya.

Diungkapkannya, sejauh ini Golkar telah membuka komunikasi dengan Gerindra dan PAN. Jika menemukan kawan serasi untuk berkoalisi, Golkar minta agar parpol mitranya bersedia mengusung Haryadi Suyuti sebagai bakal calon wali kota. "Siapa wakilnya nanti, kami serahkan ke koalisi."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)