Ditemani Cucu HB VIII, Cabup Sunaryanto Ziarah ke Makam Raja-raja Mataram

Jum'at, 18 September 2020 - 07:00 WIB
loading...
Ditemani Cucu HB VIII, Cabup Sunaryanto Ziarah ke Makam Raja-raja Mataram
Cabup Gunungkidul Sunaryanto bersama Cucu Sri Sultan Hamengku Buwono VIII RM Kukuh Hertriasning keluar dari makam Kotagede Yogyakarta. Foto/SINDOnews/Suharjono
A A A
YOGYAKARTA - Calon Bupati Gunungkidul Sunaryanto melakukanziarah ke makam raja-raja Mataram baik di Kotagede maupun Imogiri. Dalam ziarah kali ini cabup besutan Golkar, PKB, Perindo, dan beberapa parpol nonparlemen lain ini ditemani cucu Sri Sultan Hamengku Buwono VIII (HB VIII) RM Kukuh Hertriasning.

Agenda yang dimulai dari anjangsana Sunaryanto di Ndalem Benawan Yogyakarta ini terasa sangat istimewa. Pasalnya, Sunaryanto diberikan kesempatan untuk berdoa dengan khusuk. (BACA JUGA: Perindo Resmi Dukung Gibran-Teguh di Pilwalkot Solo )

Seperti dilakukan Sunaryanto di makam Panembahan Senapati di Kotagede, Yogyakarta. Agenda kemudian dilanjutkan ke makam Sultan Agung Hanyakrakusuma serta Sri Sultan Hamengku Buwono l hingga IX di Pajimatan Imogiri. (BACA JUGA: Korban Mutilasi di Kalibata City Alumni UGM, Warga Sleman )

"Saya berterima kasih kepada Ndoro Aning (sebutan RM Kukuh Hertriasning) yang bersama saya untuk ziarah ini. Ini kehormatan bagi saya dan istri," kata Sunaryanto kepada wartawan Kamis (17/9/2020). (BACA JUGA: KPU Izinkan Konser Musik saat Kampanye Pilkada, Ganjar: Ora Usahlah! )

Dia mengemukakan, agenda ziarah ini merupakan upaya menghormati leluhur Keraton Yogyakarta. Sejarah Yogyakarta, Keraton Mataram dan Gunungkidul tidak bisa dipisahkan.

"Makanya ziarah ini sangat komplet. Setelah raja Mataram dan Yogyakarta, juga ke makam Ki Ageng Giring. Kemudian petang ini ke Makam Demang Wonopawiro di Piyaman," ujar dia.

Sesampai di Piyaman, Sunaryanto juga disambut relawan Ndoro Aning yang akhirnya menjatuhkan dukungan kepadanya. Dia rumah keturunan Demang Wonopawiro acara zikir dilakukan untuk mendoakan Sunaryanto di Pilkada Gunungkidul.

"Kami sudah sepakat dan atas izin Ndoro Aning yang tidks bisa maju dri Pilkada untuk mendukung Mayor Sunaryanto," kata koordinator Sahabat Aning Nunung Nurcahyo.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)