Tiga Daerah di Yogyakarta Siap Gelar Pilkada Desember

Senin, 15 Juni 2020 - 21:28 WIB
loading...
Tiga Daerah di Yogyakarta Siap Gelar Pilkada Desember
ilustrasi
A A A
YOGYAKARTA - Tiga kabupaten di DIY memastikan kesiapannya menghadapi Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang. Kesiapan ini disampaikan tiga KPU Kabupaten di DIY saat koordinasi bersama Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD di Gedhong Pracimosono, kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Kordinasi dengan Mahfud MD tersebut dihadiri langsung Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, KPU DIY, Bawaslu DIY, KPU Gunungkidul, Sleman, DAN Bantul, Bawaslu Gunungkidul, Sleman, dan Bantul serta Danrem Pamungkas.

Mahfud MD mengatakan, Pilkada serentak akan dilaksanakan 9 Desember mendatang. Pihaknya sudah menanyakan kesiapan Pilkada di masing-masing KPU termasuk keamanan yang melibatkan TNI dan Polri. (baca juga: Satu lagi Balita Positif COVID-19 di Solo Berhasil Disembuhkan )

"Tadi semua menyatakan siap. Dan dengan masukan Pak Gubernur PK Sri Sultan Hamengku Buwono X, juga dinyatakan bahwa di DIY semua siap melaksanakan Pilkada," ujarnya kepada wartawan di Yogyakarta, Senin (15/6 /2020).

Dijelaskan, Pilkada sudah menjadi keputusan untuk dilaksanakan dan tidak akan ditunda lagi. Namun demikian, harus menggunakan protokol kesehatan di tengah pandemi. "Pilkada tidak ditunda lagi. Kita tidak tahu sampai kapan pandemi corona berakhir sehingga perlu langkah antisipasi berupa new normal," tambahnya.

Dibutuhkan kesiapan masing-masing penyelenggara pilkada. "Dan tiga kabupaten di DIY akan menggelar Pilkada. Laporan masing-masing KPU tadi menyatakan sudah siap," beber Mahfud.

Sementara itu, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, dalam koordinasi sudah dijelaskan mengenai Pilkada 9 Desember 2020. Dengan demikian semua siap dilaksanakan. "Dan hari ini kan proses sudah dimulai untuk kelanjutan Pilkada," ungkapnya singkat.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)