Buaya Sering Muncul di Kali Bodo

Rabu, 07 Oktober 2015 - 05:00 WIB
Buaya Sering Muncul di Kali Bodo
Buaya Sering Muncul di Kali Bodo
A A A
KEBUMEN - Beberapa ekor buaya jenis muara sering berjemur di daratan Kali Bodo Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Namun, hal itu tak membuat warga merasa takut.

Buaya itu biasanya muncul antara pukul 11.00 sampai dengan pukul 15.00. Biasanya, buaya menampakkan tubuhnya saat terik matahari. Buaya jenis muara tersebut nyaman menampakkan dirinya seakan tak menghiraukan beberapa meter darinya terdapat banyak orang.

"Kami sudah tahu sejak dua bulan lalu bahwa di Kali Bodo sering muncul buaya berukuran besar. Tak hanya satu bahkan ada beberapa yang sering berjemur di daratan," ungkap Kaswadi (50), warga Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Selasa (6/10/2015).

Sungai Bodo dengan kedalaman mencapai 5 meter dan lebar sekitar 20 meter memang favorit bagi para penghobi memancing ikan. "Di sini banyak ikannya, Mas. Terutama ikan kating," ujar pemancing, Trimo (29), warga Desa Karangpeting, Kecamatan Tambak.

Para nelayan yang biasa menghabiskan waktunya untuk memancing di kali tersebut mengaku biasa saja dengan kemunculan buaya-buaya itu. "Biasa saja lah, tidak takut. Asal kita nggak mengganggu saya yakin mereka tidak akan marah dengan manusia," ungkap Antok (29), warga Desa Candi Renggo.

Menurut kesaksian Hasanudin (39), yang mengaku sudah bertahun-tahun memancing ikan di Kali Bodo, kemunculan buaya diketahuinya sejak bulan Juli yang lalu.

"Sehabis lebaran saya mancing di sini dan kaget melihat di seberang sungai bagian barat ada seekor buaya sedang berjemur. Waktu itu ukuran buayanya masih sangat kecil. Tapi kok sekarang ini ukurannya sudah cukup besar dan gemuk," ungkap Hasanudin kepada KORAN SINDO.

PILIHAN:

Hutan Gunung Geulis Terbakar
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4054 seconds (0.1#10.140)