Setahun, Pengangguran Turun 1%

Jum'at, 11 September 2015 - 10:49 WIB
Setahun, Pengangguran Turun 1%
Setahun, Pengangguran Turun 1%
A A A
MOJOKERTO - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Mojokerto mengklaim sukses menurunkan angka pengangguran sebesar 1% dalam setahun.

Banyaknya job fair yang digelar dinilai memberi andil besar pada turunnya angka pengangguran tersebut. Kemarin, Job Fair 2015 di Gedung Olah Raga (GOR) Mojopahit resmi ditutup. Selama penyelenggaraan sedikitnya 6.017 pencari kerja tertampung di 45 perusahaan. ”Jumlah lowongan tersedia 4.601 pekerjaan yang beragam,” kata Kepala Disnakertrans Kota Mojokerto Amin Wachid, kemarin.

Job fair kemarin adalah yang keempat kali diselenggarakan. Tak hanya menyediakan lowongan pekerjaan, arena ini juga membuka konsultasi bagi pencari kerja dan wirausahawan pemula untuk pengembangan usaha. Menurut Amin, pada 2013 pengangguran di Kota Mojokerto mencapai 5,58%. Angka itu menyusut menjadi 4,42 pada 2014. ”Untuk tahun 2015 biasanya dirilis BPS bulan Januari tahun berikutnya (2016). Saya yakin target penurunan angka pengangguran sekitar 1% bisa dicapai tahun ini,” ujarnya.

Wali Kota Mojokerto Masud Yunus menegaskan, dua tahun lalu, angka pengangguran di Kota Mojokerto masih berada di atas Provinsi Jatim. Menurutnya, langkah Disnakertrans menggelar job fair ini dianggap mampu menekan jumlah angka pengangguran. ”Buktinya dari tahun ke tahun angka pengangguran bisa ditekan. Animo masyarakat tinggi karena memang (job fair) diberikan gratis,” kata Masud Yunus.

Ditegaskannya, turun angka pengangguran ini bakal berdampak pada turunnya angka kemiskinan di kota. Sayangnya, Masud Yunus tak menyebut berapa angka kemiskinan di Kota Mojokerto saat ini. ”Yang jelas jika angka pengangguran turun, angka kemiskinan juga demikian. Karena dengan mereka yang telah bekerja, ini akan bisa meningkatkan ekonominya,” ujarnya.

Tritus julan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1868 seconds (0.1#10.140)