Rumkital Dr. Ramelan Jadi Rujukan TNI Indonesia Timur

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 10:05 WIB
Rumkital Dr. Ramelan Jadi Rujukan TNI Indonesia Timur
Rumkital Dr. Ramelan Jadi Rujukan TNI Indonesia Timur
A A A
SURABAYA - Hari ini, 7 Agustus 2015, merupakan hari jadi Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr. Ramelan Surabaya. Lembaga kesehatan yang sebelumnya disebut Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. Ramelan ini kini terakreditasi paripurna.

Seiring predikat itu, Rumkital Dr. Ramelan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Apalagi sekarang menjadi rujukan tertinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) di wilayah Indonesia timur serta menjadi barometer pelayanan kesehatan masyarakat. Kepala Rumkital Dr. Ramelan Laksma TNI, dr. IDG Nalendra mengatakan, pada usia ke-65 tahun lembaga kesehatan sekaligus lembaga usaha yang dipimpinnya ini sudah cukup matang.

“Sejak berdirinya rumah sakit ini, serving better is our aimmenjadi landasan utama manajemen dalam memberikan layanan,” kata Nalendra, kemarin. Seiring HUT Ke-65 Rumkital Dr. Ramelan, pelaksanaan program yang telah digariskan manajemen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan menjadi harga mati.

Sekadar diketahui, banyak sarana pendukung baru di Rumkital Dr. Ramelan di antaranya, Pusat Bedah Jantung hasil kerja sama dengan Rumah Sakit Umum (RSU) dr. Soetomo Surabaya yang akan diresmikan pada 15 Agustus 2015. Sebelumnya Rumkital Dr. Ramelan yang juga melayani pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ini selalu fokus menggunakan mayoritas anggarannya peningkatan sarana-prasarana.

Ini dibuktikan ada pusat bedah bionic mandan implant alat bantu dengar bagi anak dan pusat nyeri jantung. Bahkan kini mempersiapkan kolam renang yang diharapkan dimanfaatkan pasien setelah stroke. “Bersamaan HUT tahun ini ada kegiatan pengumpulan massa dan penyampaian informasi pelayanan kepada masyarakat.

Ini juga untuk meningkatkan kebersamaan yang sudah terbangun lama antara anggota TNI AL dengan masyarakat,” kata perwira tinggi bintang satu ini. Masih pada rangkaian HUT Ke-65 Rumkital Dr. Ramelan, kata Nalendra, pihaknya menggelar serangkaian kegiatan mulai dari goes anggota Rumkital Dr. Ramelan Surabaya-Jakarta, bakti sosial donor darah, dan operasi katarak gratis untuk masyarakat.

Kemudian perlombaan berbagai olahraga tidak ketinggalan digelar, yakni bola voli, soft gun, tenis lapangan, tenis meja, badminton, futsal, dan karate antar-Kotama memperebutkan piala Karumkit. Semuanya terangkum dalam Karumkit Cup. Puncak acara HUT Ke-65 Rumkital Dr. Ramelan adalah upacara militer pada hari ini (7/8) digelar dengan inspektur upacara Kadiskesal Laksma TNI dr. Syarief Hidayat.

Para kepala fasilitas kesehatan (kafaskes) hadir pada upacara militer tersebut. Selanjutnya pada malam prajurit diisi pementasan wayang kulit untuk masyarakat umum. Ki Dalang Anom Suroto akan tampil dan tablig akbar yang menghadirkan AA Gym.

Soeprayitno
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7136 seconds (0.1#10.140)