Polri Waspadai Kelompok Radikal Jelang Lebaran

Kamis, 09 Juli 2015 - 07:33 WIB
Polri Waspadai Kelompok Radikal Jelang Lebaran
Polri Waspadai Kelompok Radikal Jelang Lebaran
A A A
MALANG - Polres Malang akan mengawasi ketat gerakan radikal yang dapat mengganggu suasana bulan Ramadan maupun pada saat perayaan Idul Fitri.

Kasat Intel Polres Malang AKP Suwoco mengatakan, untuk mengantisipasi kelompokkelompok radikal seperti ISIS dan teroris, pihaknya akan meningkatkan pengawasan di sejumlah tempat yang diduga dijadikan basis atau sasaran kelompok tersebut. ”Tempat-tempat wisata, homestay yang produksi petasan, dan objek vital lainnya,” kata dia dalam rapat koordinasi dengan instansi terkait dalam Operasi Ketupat Semeru 2015 di Polres Malang, kemarin.

Menurut Suwoco, dalam mendeteksi keamanan di Kabupaten Malang selama ini, belum ditemukan ada aktivitas mencurigakan ke arah gangguan yang mengkhawatirkan. Namun, pihaknya tetap meningkatkan pengawasan. Selain itu, Polri juga mengharapkan masyarakat tetap waspada dengan pengiriman shot message service (SMS) yang tidak jelas dengan mengatasnamakan lembaga tertentu.

”Masyarakat harus kroscek jika menerima SMS dengan mengatasnamakan lembaga tertentu,” ujar dia. Kata Suwoco, bagian yang tidak luput dari tugas Polri, yakni turut memantau ketersediaan kebutuhan pokok di pasar. Hal ini bertujuan agar tidak timbul gejolak yang berujung pada gangguan ketertiban dan keamanan di masyarakat. Untuk ketersediaan pangan, AKP Suwoco mengklaim masih cukup untuk tiga bulan ke depan.

Kapolres Malang AKBP Aris Haryanto menuturkan, Operasi Ketupat Semeru 2015 berlangsung selama dua Minggu terhitung sejak 10-25 Juli mendatang. Operasi rutin tahunan ini dimaksudkan meminimalisasi potensi kriminal yang bisa muncul pada saat hari raya. Dalam Operasi Semeru ini akan diterjunkan 552 personel.

Dari jumlah itu, sebanyak 341 berasal dari anggota Polri dan sisanya dari instansi lain. Kabag Ops Polres Malang Kompol Decky mengungkapkan, pihaknya telah membangun sejumlah pos sebagai tempat konsentrasi pengamanan selama hari raya berlangsung, terutama pada puncak arus mudik maupun arus balik.

Yosef naiobe
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0429 seconds (0.1#10.140)