240 Fotografer Pamerkan 520 Foto Berbagai Tema

Selasa, 12 Mei 2015 - 12:16 WIB
240 Fotografer Pamerkan 520 Foto Berbagai Tema
240 Fotografer Pamerkan 520 Foto Berbagai Tema
A A A
SURABAYA - Festival Foto Surabaya 2015 kembali digelar untuk kedua kalinya. Dengan mengusung tema besar Work Creativ Future, sebanyak 520 foto yang dipamerkan terkumpul dari 240 fotografer, baik dari fotografer pemula hingga profesional dari dalam maupun luar negeri.

Tema tersebut kemudian dipecah menjadi berbagai subtema, yakni digital imaging , street fotografi, foto story , pictorial , dan BW portrait . Beberapa karya yang dipajang merupakan karya fotografer dari luar negeri di antaranya Belanda, Prancis, Singapura, dan Australia. Ketua pelaksana, Mamuk Ismuntoro mengungkapkan, pameran kali ini dalam menyambut Hari Jadi Kota Pahlawan ke-722.

Pameran foto merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang akan digelar dalam Festival Foto Surabaya. Beberapa fotografer yang turut memamerkan karyanya, yakni Yannick Cormier (Prancis), Jan Banning dan Marjolein Van Pagee (Belanda), Zhuang Wubin (Singapura), serta Ingetje Tadros (Australia). Mereka diundang panitia mengikuti pameran foto yang berlangsung mulai dari kemarin hingga tanggal 17 Mei mendatang.

Selain karya fotografi dari fotografer luar negeri, beberapa fotografer dalam negeri juga tidak mau ketinggalan di antaranya fotografer senior Oscar Mutoloh, Jerry Aurum, Darul Istiadi, Riza Marlon, Anton Ismail, dan lainnya. Berbagai hasil jepretan yang mereka hasilkan dipajang di beberapa lantai Ciputra World Surabaya tahun ini menjadi lokasi pameran.

Kemeriahan pameran foto ini juga terlihat dari antusias masyarakat yang terus silih berganti mengunjungi pameran foto. Apalagi sebagian ada penasaran dengan karya foto yang dikirim Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Ia menyerahkan tiga foto lanskap yang menunjukkan perairan Indonesia. Melalui foto ini bisa melihat keindahan Indonesia dari atas.

”Tahun ini kita sengaja mengundang Bu Susi untuk turut dalam pameran, ternyata beliau mau dan mengirimkan tiga foto dari udara. Sayangnya, tidak dijelaskan itu diambil dari perairan mana,” kata Mamuk. Kegiatan yang disiapkan panitia selama pameran berlangsung tidak hanya menampilkan karya fotografi, tetapi setiap hari akan ada berbagai kegiatan berkaitan dengan dunia fotografi.

Kegiatan tersebut, yakni workshop, seminar, hunting foto, dan pameran buku foto. Ada 30 pembicara yang telah dikonfirmasi dan akan berbagi ilmunya setiap sore kepada para pecinta fotografi. Beberapa topik mengenai dunia fotografi juga sudah disiapkan panitia, misal topik fashion fotografi, sport fotografi, foto jurnalistik, dan lainnya.

Melalui kegiatan ini tidak hanya para pecinta fotografi bisa menambah pengetahuan lewat berbagai acara yang digelar, namun pengunjung juga tidak langsung dapat menikmati keindahan yang dihadirkan dalam bentuk foto tersebut.

Mamik wijayanti
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4267 seconds (0.1#10.140)