Polda Jabar Bakal Sikat Ormas Nakal yang Minta THR

Selasa, 28 Mei 2019 - 10:36 WIB
Polda Jabar Bakal Sikat Ormas Nakal yang Minta THR
Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2019 di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (28/5/2019). Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Polda Jabar siap menindak tegas organisasi masyarakat (ormas) dan organisasi kepemudaan (OKP) yang meminta paket atau tunjangan hari raya (THR) kepada pemerintah dan perusahaan swasta. Permintaan itu membuat resah karena para anggota ormas melakukannya dengan cenderung memaksa.

"Kalau yang melanggar pasti kami sikat. Pokoknya yang melanggar tindak pidana kita sikat. Walaupun menjelang atau pas waktu Lebaran kalau pelaku tindak pidana harus ditindak," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi seusai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2019 di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (28/5/2019).

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan, pihaknya tak melarang ormas dan OKP meminta THR dan paket Lebaran, sepanjang tidak melanggar aturan dan pihak pemberi memberikannya secara sukarela.

"Sepanjang itu sesuai aturan, tidak ada tekanan atau paksaan silakan saja. Syaratnya sukarela," kata Ferdy.

Kesbangpol Kota Bandung, ujar dia, tidak mengeluarkan surat edaran untuk mengurusi tersebut. Namun, pemerintah ataupun pihak swasta boleh menolak jika ada permintaan paket dan THR Lebaran dari ormas dan OKP.

"Boleh menolak, yang paling penting di tatanan aturan tidak diperkenankan melakukan dengan dalih apa pun. Tidak boleh menakuti-nakuti apalagi membuat resah," tandas dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 8.2982 seconds (0.1#10.140)