Cegah Penularan Virus Corona, Bosscha Tutup dari Kunjungan Publik Mulai 15 Maret

Jum'at, 13 Maret 2020 - 17:27 WIB
Cegah Penularan Virus Corona, Bosscha Tutup dari Kunjungan Publik Mulai 15 Maret
Observatorium Boscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
BANDUNG - Observatorium Bosscha, Jalan Teropong Bintang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat dipastikan menutup sementara kunjungan publik terhitung sejak 15 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.

Belum diketahui hingga kapan tempat wisata untuk mengetahui seluk-beluk astronomi itu bakal kembali dibuka.

Penutupan tersebut sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang saat ini merebak di Indonesia dengan 69 orang positif terpapar virus itu.

"Observatorium Bosscha memutuskan untuk menghentikan sementara kunjungan publik terhitung sejak 15 Maret 2020," kata
Manajer Program Kunjungan Publik Observatorium Bosscha M Rezky melalui keterangan tertulis, Jumat (13/3/2020).

Seiring dengan keputusan tersebut, ujar Rezky, seluruh reservasi kunjungan terhitung sejak 13 Maret 2020 dipastikan dibatalkan dan layanan pendaftaran pun ditutup. "Seluruh reservasi kunjungan pada rentang waktu tersebut (13-15 Maret 2020) dengan berat hati kami batalkan secara sepihak," ujar dia.

Rezky menuturkan, keputusan penutupan sementara Observatorium Bosscha dari kunjungan publik didasarkan berbagai pertimbangan, salah satunya wabah Corona.

Selain itu, didasarkan pula Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 dan imbauan dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Observatorium Bosscha sebagai unit kerja dalam lingkup Institut Teknologi Bandung yang melayani pendidikan astronomi untuk publik dalam bentuk kunjungan siswa sekolah dan masyarakat umum, senantiasa mementingkan keselamatan dan kesehatan pengunjung, staf, serta seluruh warga sekitar kawasan Observatorium Bosscha," tutur Rezky.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3122 seconds (0.1#10.140)