Tambang emas ilegal di Sijunjung digerebek polisi

Sabtu, 26 Oktober 2013 - 15:24 WIB
Tambang emas ilegal di Sijunjung digerebek polisi
Tambang emas ilegal di Sijunjung digerebek polisi
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 21 unit alat berat beserta tiga orang operatornya ditangkap aparat kepolisian Polres Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), dari salah satu lokasi penambangan emas ilegal di Muaro Sijunjung.

Padahal, Muaro Sijunjung diketahui merupakan kawasan hutan lindung yang dijaga keberadaannya. Tidak diketahui bagaimana cara masuknya alat berat tersebut ke lokasi tanpa diketahui petugas keamanan.

"Penangkapan ini dilakukan berdasarkan laporan dari warga setempat yang curiga dengan keruhnya air sungai mereka dalam setahun terakhir," jelas Kapolres Sijunjung, AKBP Sugeng Riyadi, Sabtu (26/10/2013).

Namun disayangkan, aparat keamanan tidak berhasil mengamankan pemilik tambang ilegal dan para pekerja lainnya. Diduga, penindakan yang dilakukan jajarannya bocor.

"Saat ini ke-3 orang operator alat berat diamankan di Mapolres Sijunjung," jelas AKBP Sugeng.

Berdasarkan keterangan yang didapat dari warga, aktivitas penambangan emas ilegal ini dianggap sudah sangat mengganggu warga.

Pasalnya, selain merusak sungai dan hutan lindung, kegiatan penambangan emas ilegal ini juga sering mengakibatkan terjadinya banjir bandang di beberapa daerah di Sumatera Barat, lantaran banyaknya pohon yang sengaja ditebang untuk mempermudah aktivitas penambangan mereka.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8988 seconds (0.1#10.140)