Yayasan Anak Bangsa Bisa Salurkan Bantuan untuk Para Pekerja Harian

Senin, 13 Juli 2020 - 07:40 WIB
loading...
Yayasan Anak Bangsa Bisa Salurkan Bantuan untuk Para Pekerja Harian
Yayasan Anak Bangsa Bisa menyalurkan bantuan sembako kepada para pekerja harian di Surabaya.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) melalui Gerakan #SumbangSuara yang diluncurkan bersama figur publik papan atas seperti Slank, Luna Maya, Chef Arnold Poernomo, Kerenina Sunny, serta Giring Ganesha mulai mendistribusikan bantuan yang sudah terkumpul.

Saat ini gerakan #SumbangSuara berhasil menyalurkan 10.000 lebih paket bantuan berupa sembako yang masing-masing bernilai 100.000. Bantuan tersebut diberikan kepada janda dhuafa, pekerja harian seperti pemulung sampah, pedagang asongan, ART harian, buruh cuci, penjaga parkir, yang terdampak COVID-19 di 17 kota di seluruh Indonesia.

Kota-kota itu adalah Jakarta, Bandung, Medan, Depok, Tangerang, Bogor, Balikpapan, Manado, Palembang, Semarang, Surabaya, Padang, Malang, Solo, Yogyakarta, Makassar dan Jayapura.

(Baca juga: Mengenang Rangkulan Gus Kamil di Bandara Soetta )

Proses pembagian bantuan disalurkan oleh berbagai mitra Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) resmi. seperti Baznas, Lazis Muhammadiyah, NU Care - LazisNU, Rumah Zakat, Forum CSR Jakarta, Indorelawan, Dobri Narod, Foodbank of Indonesia, Rumah Millennials, serta Wahana Visi Indonesia.

Ketua Yayasan Anak Bangsa Bisa, Monica Oudang mengatakan aksi ini merupakan semangat gotong royong yang menjadi nadi dari gerakan #SumbangSuara.

(Baca juga: Awasi Penanganan COVID-19 di Jatim, Menkes Terawan Berkantor di Surabaya )

“Karena itu kami bergerak bersama berbagai elemen masyarakat seperti figur publik, LSM, dan tokoh masyarakat daerah setempat. YABB berterima kasih untuk 58 ribu lebih donatur yang turut menyumbangkan rezeki dan doa serta harapan mereka di platform kitabisa.com sehingga saat ini kita bisa meneruskan amanah mereka dalam bentuk bantuan sembako untuk para pekerja harian,” ujarnya.

YABB dalam hal ini juga berterima kasih kepada NU Care - LazisNU yang telah menjadi mitra YABB dalam menyalurkan bantuan di Surabaya Raya agar tepat sasaran bagi para pekerja harian yang membutuhkan.

Afif Amrullah selaku Ketua PW LAZISNU Jawa Timur mengatakan senang dapat berkolaborasi dengan Yayasan Anak Bangsa Bisa dan dapat terlibat dalam gerakan #SumbangSuara. “Gerakan ini penting karena tidak hanya langsung membantu janda dhuafa, para pekerja harian yang penghasilannya terdampak, tapi juga menimbulkan semangat dan optimisme baru,” jelasnya.

Dikatakan Afif, titik awal distribusi khususnya di Surabaya, menyasar para pekerja harian yang berada di beberapa wilayah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukolilo, Tegal Timur Baru.

“Selain pemulung sampah tentunya, ada beberapa warga yang juga menjadi pedagang asongan, ART harian, buruh cuci, penjaga parkir, janda dhuafa dsb. Bersama dengan GoTroops dan mitra Gojek, kami menyambangi rumah penduduk satu per satu untuk menghindari kerumunan serta tetap mengedepankan protokol kesehatan,” jelas Afif.
(msd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)
pixels