Kharisma Sultan HB IX Membuat Komandan Pasukan Belanda Gemetar saat Hendak Menyerbu Keraton

Rabu, 04 Januari 2023 - 05:50 WIB
loading...
A A A
Sri Sultan HB IX mengusir pasukan tank Belanda yang masuk ke Keraton. Cerita ini dilansir dalam buku Sri Sultan HB IX Inspirasi dari Sang Pemimpin Rakyat, Selasa (1/3/2022).

Pria bernama kecil Gusti Raden Mas Dorodjatun ini dicurigai intel Belanda terlibat serangan dadakan yang mengguncang dunia internasional tersebut.

Saat itu pasukan berlapis baja di depan pintu gerbang Keraton, mereka mengancam akan mendobrak dan menyerbu jika tidak segera dibuka.

Sultan HB IX akhirnya memerintahkan untuk membuka gerbang pintu. Komandan pasukan tank Belanda dan anak buahnya masuk ke dalam Keraton.
Saat Komandan pasukan tank Belanda berada di hadapan Sultan HB IX langsung gemetar. Nyalinya langsung menciut. Sultan yang fasih bahasa Belanda menang wibawa dan menguasai keadaan.

Namun ada suatu kebiasaan yang mengakar di Belanda. Sultan yang pernah belajar di Universitas Leiden memiliki posisi lebih unggul. Sebab kampus tersebut tertua di Belanda.

Baca: Karya Sastra Pujangga Kerajaan Majapahit Prapanca Masih Banyak Belum Terungkap.

Sedangkan Komandan pasukan tank Belanda lulusan Universitas Delft, sehingga tidak sembarangan untuk berbicara. Tradisi Belanda itu membuat Komandan pasukan tank Belanda segan dan berbicara hormat kepada Sultan.

Tak hanya itu, Komandan pasukan tank Belanda tidak berani menuduh Sultan membantu para pejuang RI dan berhasil melancarkan serangan umum.

Akhirnya Komandan pasukan tank Belanda mundur dari keraton. Anak buahnya heran pasukan dipukul mundur tanpa ada ketegangan sama sekali.

Sumber:
wikipedia
diolah dari berbagai sumber
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)