Karya Sastra Pujangga Kerajaan Majapahit Prapanca Masih Banyak Belum Terungkap

Selasa, 03 Januari 2023 - 08:00 WIB
loading...
Karya Sastra Pujangga Kerajaan Majapahit Prapanca Masih Banyak Belum Terungkap
Prapanca menjadi pujangga yang hidup di masa Kerajaan Majapahit. Prapanca ternyata juga menghasilkan beberapa karya sastra lainnya selain Nagarakretagama. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
PRAPANCA menjadi pujangga yang hidup di masa Kerajaan Majapahit. Sosoknya menjadi penggores sejarah Kerajaan Majapahit diketahui banyak orang hingga saat ini berkat kitabnya Kakawin Nagarakretagama.

Kakawin Nagarakretagama sendiri berisikan perjalanan sejarah Kerajaan Majapahit dan beberapa kerajaan yang sezaman dengannya. Namun di balik sosok Prapanca ternyata juga menghasilkan beberapa karya sastra lainnya selain Nagarakretagama.


Slamet Muljana pada bukunya "Tafsir Sejarah Nagarakretagama", menyebut dua buah kakawin Prapanca yang telah dimulai yakni Tahun Saka dan Lambang terpaksa dihentikan dan penggubahannya akan dilanjutkan setelah menyelesaikan Nagarakretagama.

Kedua kakawin tersebut selesai sesudah tahun 1365, tahun penggubahan Nagarakretagama. Kakawin lainnya Parwasagara, Bhismasaranantya, dan Sugataparwawarnnana telah selesai sebelum tahun 1365.

Namun hingga sekarang karya Prapanca yang dikenal luas hanyalah Nagarakretagama, yang menjadi satu-satunya karya Prapanca.

Karya Prapanca yang lainnya tersebut tidak diketahui apa isinya dan bagaimana wujudnya. Nama Prapanca selalu dihubungkan dengan Nagarakretagama.


Ada beberapa naskah Jawa kuna di Museum Jakarta, yang belum sempat diteliti. Barangkali di antara naskah-naskah itu terdapat karya pujangga Prapanca.

Pada tahun 1365, penggubahan kakawin Sugataparwawarnnana telah selesai. Jadi penggubahan kakawin tersebut dilakukan di dusun tempat tinggal sang pujangga, sebelum menjadi petapa di lereng gunung di Desa Kamalasana.

Nagarakretagama pada Pupuh 94/3 juga memuat berita bahwa Prapanca juga pernah menggubah Sugataparwawarnnana. Jika Sugataparwawarnnana ini oleh diartikan uraian tentang lakon Buddha, pastilah maksudnya cerita Buddha.

Kunjarakarna dalam bentuk prosa maupun kakawin adalah cerita yang banyak mengandung propaganda agama Buddha. Demikianlah tidak mustahil bahwa yang dimaksud oleh Prapanca dengan Sugataparwawarnnana adalah kakawin Kunjarakarna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3725 seconds (0.1#10.140)