Gempa di Darat Magnitudo 3,8 Guncang Tapanuli Utara, Dipicu Pergerakan Sesar Sumatera

Senin, 02 Januari 2023 - 00:31 WIB
loading...
Gempa di Darat Magnitudo 3,8 Guncang Tapanuli Utara, Dipicu Pergerakan Sesar Sumatera
Gempa bumi magnitudo 3,8 mengguncang pusat Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Foto/BMKG
A A A
TAPANULI UTARA - Masyarakat Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dikagetkan dengan guncangan gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,8. Gempa bumi terjadi pada Minggu (1/1/2023) malam, sekitar pukul 22.55 WIB.



Gempa bumi yang berpusat di daratan tersebut, getarannnya terasa hingga di wilayah Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara. Kepala Balai BMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho menerangkan, pusat gempa bumi berjarak 8 km barat laut Tapanuli Utara, dengan kedalaman 5 km.



Pusat gempa bumi berada pada koordinat 2,07 Lintang Utara (LU), dan 98,91 Bujur Timur (BT). Hendro Nugroho menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar Sumatera, pada Segmen Renun.



"Guncangan gempa bumi dirasakan III MMI di Tarutung, dan Sipahutar. Yakni getaran gempa bumi dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," kata Hendro Nugroho, Minggu (1/1/2023) malam.



Hingga pukul 23.05 WIB, sebut Hendro Nugroho, dari hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut diikuti gempa kecil dengan kekuatan magnitudo 2,2. Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2969 seconds (0.1#10.140)