Senja Kala Mekiwuka, Sebuah Tradisi Menyambut Tahun Baru di Manado

Sabtu, 31 Desember 2022 - 12:45 WIB
loading...
A A A
Sayangnya tradisi Mekiwuka yang telah hadir turun-temurun tersebut, kini seakan terlupakan, dan luput dari perhatian pemerintah. Mereka kini lebih mengenal tradisi Figura, dan Kunci Taong (Tahun).

"Padahal itu malam taong tua, malam kebersamaan, semua ikut bergabung, tidak mengenal suku, agama maupun golongan, kerukunan antar umat beragama di Kota Manado justru diawali dari sini," ujar Ronald Markus, pemuda Kampung Kakas, Sabtu (31/12/2022).

Dahulu kata Ronald, Pemkot Manado, sudah pernah mengadopsi tradisi tersebut, namun kini seakan terlupakan. "Dulu kami pernah jalan sampai ke rumah dinas Wali Kota Manado, namun sekarang sepertinya tidak lagi, hanya Figura yang dilestarikan. Padahal Mekiwuka juga penting, awal dari kegiatan menyambut tahun baru," jelasnya.



Lebih lanjut kata dia, tradisi Mekiwuka ini dilaksanakan oleh setiap etnis Borgo yang ada di kampung-kampung, seperti Mahakeret, Pondol, Kampung Tondano, Kampung Tombariri, Sindulang, namun sekarang tinggal Kampung Kakas, Kelurahan Wenang Selatan, Kecamatan Wenang, Kota Manado, yang terus melaksanakannya setiap tahun.

Bahkan warga Kampung Kakas, terus mencoba melestarikan tradisi Mekiwuka dengan mewariskannya kepada anak cucu. Kelestarian Mekiwuka di Kampung Kakas, masih terus dijaga dari generasi tua sampai generasi muda.

"Di Manado, hanya Kampung Kakas yang masih mempertahankan tradisi itu turun-temurun, di Kampung Sindulang juga ada, namun hanya di Kampung Kakas yang lebih menjaga kelestariannya, dan itu merupakan tradisi asli Manado," pungkasnya.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)