Cegah Stunting dan Angka Kematian Ibu, Bupati Hamim Canangkan Gerakan Ibu Hamil Sehat

Senin, 26 Desember 2022 - 15:59 WIB
loading...
Cegah Stunting dan Angka Kematian Ibu, Bupati Hamim Canangkan Gerakan Ibu Hamil Sehat
Foto: Doc. Pemkab Bone Bolango
A A A
Bupati Bone Bolango mencanangkan Gerakan Ibu Hamil Sehat. Gerakan ini bertujuan untuk menurunkan stunting dan Angka Kematian Ibu (AKI). Gerakan ini diimplementasikan untuk mewujudkan ibu hamil yang sehat dan berpengetahuan serta mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan sebagai salah satu upaya pencegahan stunting sejak sebelum bayi dilahirkan.

Untuk mencegah stunting sejak masih dalam kandungan maka Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tapa berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Bone Bolango melaksanakan kegiatan pencanangan gerakan ibu hamil sehat tingkat Kabupaten Bone Bolango di Puskesmas Tapa, Kamis (22/12/2022).

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, mengatakan selama proses kehamilan ibu-ibu hamil harus mendapatkan pelayanan yang prima sehingga ibu hamil dalam keadaan sehat dan bahagia selama masa tersebut. "Dari awal kehamilan, ibu-ibu harus selalu kita kontrol, sehingga lewat pencanangan ini diharapkan ibu-ibu melakukan 6 kali pemeriksaan,”kata Bupati Hamim.

Oleh karena itu, Bupati Hamim, mengimbau kepada ibu-ibu hamil untuk menjaga pola makanannya serta menjaga kebugaran tubuhnya agar pertumbuhan janin makin lebih baik."Untuk ibu-ibu hamil, perhatikan makannya, makan makanan yang bergizi dan jangan lupa berolahraga secara teratur, kemudian perhatikan berat badan karena kalau terlalu gemuk akan sulit untuk bernafas,” imbau Hamim.

Ia juga mengharapkan kepada Kepala Desa, Camat, serta pihak Puskesmas Tapa untuk sama-sama mendukung serta menjaga kesehatan ibu-ibu hamil sampai proses persalinannya.”Termasuk juga tadi sudah saya bilang, jangan lupa berolahraga, lapangan sangat luas sekali ini di lapangan Ippot Tapa ini,”terang Bupati.

Pada kesempatan itu, pihak Puskesmas Tapa berkolaborasi denga Dikes Bone Bolango, menyerahkan bantuan susu secara simbolis kepada ibu-ibu hamil yang diserahkan langsung oleh Bupati Hamim Pou, dan dilakukanya minum tablet tambah darah serentak pada kegiatan tersebut. Dilanjutkan dengan deklarasi ibu hamil sehat yang dipimpin oleh Camat Tapa.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)