5 Teror Brutal KKB di Tanah Papua Sepanjang Tahun 2022

Minggu, 25 Desember 2022 - 04:55 WIB
loading...
A A A
Memmasuki bulan Maret 2022, cerita kekerasan bersenjata belum juga usai dari tanah Papua. Justru KKB semakin brutal melancarkan aksinya. KKB dengan sadis membantai delapan pekerja PT Palapa Timur Telematika (PTT) di Distrik Mulia, Kabupaten Puncak, Papua, pada Rabu (3/3/2022).

Hanya satu pekerja yang berhasil selamat dari serangan brutal KKB terhadap pekerja PT PTT tersebut, yakni Nelson Sarera. Sedangkan delapan orang pekerja ditemukan tak bernyawa, yakni Bebi Tabuni, Billy, Renal, Bona, Jamal, Eko, Syahril, dan seorang yang akrab disapa Pakde.

Tak puas menyerang dan membunuh pekerja PT PTT, anggota KKB ini juga kembali menyerang Pos Kopasgat di Bandara Aminggaru, Ilaga, Papua. Penyerangan dilakukan di Pos Jaga Runway 25 Satgas Lanud Kopasgat Yonko 469/Pancawara di ujung Bandara Aminggaru Ilaga.



Serangan brutal KKB juga menyasar pos prajurit Marinir TNI AL di Quairi Bawa, Kabupaten Nudga, Papua, yang tergabung dalam Satgas Mupe Marinir. Tak main-main, KKB melakukan serangan menggunakan pelontar granat, hingga mengakibatkan Danton Satgas Mupe Marinir, Letda Mar. M. Iqbal, dan Praka Mar (Anumerta) Wilson Anderson Here gugur, serta delapan prajurit lainnya terluka.

Kebrutalan KKB di bulan Maret, kembali terjadi pada Rabu (30/3/2022). KKB pimpinan Undinus Kogoya, dan Aibon Kogoya, melancarkan aksi brutal dengan membakar bangunan sekolah satu atap, dan menganiaya warga sipil di wilayah Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Kesadisan anggota KKB, menutup cerita pilu di bulan Maret 2022. Mereka membunuh pasangan suami istri, Sertu Eka Andrianto Hasugian (28) dan Sri Lestari Indah Putri (33). Tak hanya itu, putra pasangan Babinsa dan Bidan Desa yang masih balita, dipotong jari tangannya oleh anggota KKB.

5 Teror Brutal KKB di Tanah Papua Sepanjang Tahun 2022


3. KKB Bakar Rumah Warga dan Tembak Prajurit TNI/Polri

Aksi teror brutal KKB, juga menghiasi catatan kelam di bulan April 2022. Sebanyak 16 rumah warga di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, dibakar anggota KKB, setelah anggota KKB bernama Ali Ateu Kogoya (35) tewas dalam kontak tembak dengan prajurit TNI dan Polri, pada Minggu (3/4/2022).
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)