5 Teror Brutal KKB di Tanah Papua Sepanjang Tahun 2022

Minggu, 25 Desember 2022 - 04:55 WIB
loading...
A A A
Serangan brutal itu terjadi di jembatan penghubung antara Kampung Faan Kahiro, dan Kampung Kamat, Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Akibatnya, empat prajurit terbaik TNI AD terluka parah, dan satu prajurit terbaik TNI AD Sertu Anumerta Miskel Rumbiak gugur dalam insiden kontak tembak tersebut.

Hanya berselang dua hari, tepatnya pada Sabtu (22/1/2022), giliran pasukan Brimob yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz, menjadi sasaran serangan brutal KKB di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Penyerangan berdarah itu, dilakukan KKB pimpinan Lamek Taplo. Serangan terjadi saat pengamanan Shorty Helikoper Polri, dari Sentani, ke Bandara Kiwirok. Seorang anggota Brimob, Bharada Resi Nugroho terkena tembakan di bagian dada kiri.



Pada penghujung bulan Januari 2022, tepatnya pada Kamis (27/1/2022) pagi, serangan bersenjata kembali dilancarkan KKB di Bukit Tepuk, Kampung Jenggenok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua. Akibatnya, dua prajurit TNI dari Yonif Raider 408/SBH gugur, yakni Serda Rizal, dan Pratu Baraza.

Memasuki awal bulan Februari 2022, KKB kembali melancarkan serangan bersenjata di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Sabtu (5/2/2022). Akibatnya, satu prajurit TNI Yonif Para Raider 328/Dirgahayu, Prada Giyade Ramadhani Fattah terluka dalam peristiwa penembakan brutal tersebut.

KKB semakin brutal, dengan melakukan serangan terhadap prajurit Kopasgat TNI AU, pada Sabtu (19/2/2022). Serangan dilancarkan di Bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia Kabupaten Puncak, Papua. Akibatnya, satu prajurit Kopasgat TNI AU, Praka Fermansyah terkena tembakan pada bagian bahu kanan.

Di hari yang sama, KKB juga melancarkan serangan brutal terhadap karyawan PT MTT, dan Koramil Ilaga, di di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Seorang karyawan PT MTT, Glen Sumampaw tertembak di bagian bawah ketiak kiri akibat serangan brutal KKB di mess karyawan PT MTT.

5 Teror Brutal KKB di Tanah Papua Sepanjang Tahun 2022


2. 8 Pekerja PT PTT Dibantai, Komandan Marinir TNI AL Digranat, Babinsa dan Bidan Desa Dibunuh
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)