Taufan Pawe Raih Penghargaan Nasional Bhumandala Awards 2022

Senin, 05 Desember 2022 - 17:45 WIB
loading...
Taufan Pawe Raih Penghargaan Nasional Bhumandala Awards 2022
Wali Kota Parepare Taufan Pawe (tengah) menerima anugerah Bhumandala Awards 2022, penghargaan Simpul Jaringan Terbaik melalui Jaringan Informasi Geospasial Nasional.
A A A
JAKARTA - Satu lagi penghargaan nasional ditorehkan Kota Parepare. Kali ini Parepare dianugerahi Bhumandala Awards 2022, penghargaan Simpul Jaringan Terbaik melalui Jaringan Informasi Geospasial Nasional.

Parepare mendapatkan penghargaan Kategori Bhumandala Nawasena. Nawasena berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya masa depan yang cerah.

Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe dalam prosesi yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Muh Aris Marfai didampingi Deputi IIG. Turut hadir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Sementara Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa hadir secara virtual.

“Alhamdulillah, Kota Parepare kembali mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat atas kerja-kerja terintegrasi dan inovatifnya yang berbuah penghargaan Bhumandala Award. Parepare mendapatkan penghargaan Kategori Bhumandala Nawasena atau diartikan sebagai masa depan yang cerah,” ujar Taufan Pawe usai menerima penghargaan.

Taufan Pawe menekankan, Simpul Jaringan melalui Jaringan Informasi Geospasial Nasional ini penting. Karena hasil data geospasial akan menjadi informasi geospasial yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian.

Dalam mendukung informasi geospasial, Pemerintah Kota Parepare membangun Simpul Jaringan Geospasial yang telah terintegrasi dengan Forum Satu.

Data pada Simpul Jarigan Geospasial merupakan data tentang lokasi geografis, dimensi atau ukuran, dan/atau karakteristik objek alam dan/atau buatan manusia yang berada di bawah, pada, atau di atas?permukaan bumi, dapat dilihat secara visual dan saling terkoneksi ke lebih dari 200 geoportal se-Indonesia.

“Parepare baru mulai membangun simpul jaringan pada tahun 2021, dan masih banyak yang harus dikembangkan seperti penyiapan SDM di setiap SKPD terkait dan penyiapan peralatan operasional standar BIG. Karena itu pengembangan Simpul Jaringan Kota Parepare didampingi oleh Unhas yang dikoordinasikan melalui Bappeda Kota Parepare,” tutur Taufan Pawe yang juga Ketua DPD Partai Golkar Sulsel ini.

Penghargaan Bhumandala Awards ini juga diikuti oleh kementerian, lembaga, TNI, Polri serta pemerintah provinsi, kabupaten dan Kota yang mengolah data spasial secara tertib, terukur, dan terintegrasi.

Penghargaan Bhumandala Awards ini dimaksudkan untuk mendorong tata kelola data spasial berkualitas untuk Indonesia yang lebih baik. Ada empat kategori penghargaan dalam Bhumandala Awards tahun ini.

Selain Parepare, daerah lainnya untuk Kota yang menerima penghargaan adalah Mojokerto dan Padangpanjang. Untuk Kabupaten ada Kotabaru, Bangkalan, Berau, dan Tabalong. Sedangkan untuk provinsi, Papua, Aceh, dan Lampung.

Dari jajaran Pemkot Parepare yang turut hadir mendampingi Wali Kota Parepare menerima penghargaan di antaranya Asisten I Setdako Amina Amin, Asisten II Suriani, Kepala Bappeda Samsuddin Taha, Sekretaris Bappeda Zulkarnaen Nasrun dan jajaran Bappeda, Direktur RSUD Andi Makkasau Renny Anggraeny Sari, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Andi Ardian Asyraq, dan jajaran terkait lainnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2484 seconds (0.1#10.140)