Kebun Raya Kuningan Miliki 720 Jenis Tanaman

Rabu, 21 Januari 2015 - 05:01 WIB
Kebun Raya Kuningan Miliki 720 Jenis Tanaman
Kebun Raya Kuningan Miliki 720 Jenis Tanaman
A A A
KUNINGAN - Kebun Raya Kuningan (KRK) di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang akan diresmikan tahun ini telah memiliki sekitar 720 jenis koleksi tumbuhan, baik asli Indonesia maupun luar negeri.

Kepala UPTD Kebun Raya Kuningan Maryoto mengungkapkan, seluruh koleksi tanaman tersebut baru sebagian yang sudah ditanam di zona yang telah tentukan dan sisanya masih di persemaian.

Disebutkan, kawasan Kebun Raya Kuningan yang memiliki luas lahan 155 hektare tersebut terbagi dalam 114 petak dengan setiap petak akan ditanami tumbuhan berdasarkan famili yang berbeda.

"Dari total luas lahan 155 hektare, baru sekitar 70 hektare yang sudah ditanami karena keterbatasan tenaga dan medan yang sulit dijangkau. Adapun koleksi tumbuhan yang sudah ada sebanyak 720 jenis tanaman koleksi, namun baru 50% yang sudah ditanam dan sisanya masih di persemaian," ungkap Maryoto, Selasa (20/1/2014)

Meski demikian, lanjut Maryoto, setiap petaknya sudah ditanami tumbuhan berdasarkan familinya sebagai tanaman perintis untuk selanjutnya akan dikembangkan secara bertahap.

Terhadap koleksi tanaman yang sudah ditanam tersebut, pihaknya kini tengah melakukan registrasi berdasarkan famili, marga, sepsimen hingga orang pertama yang menemukannya untuk kemudian dibukukan dalam bentuk katalog.

"Dari 114 petak yang ada, baru 12 petak yang sudah dilakukan registrasi dan ditargetkan empat petak bisa teregistrasi tahun ini. Keterbatasan personil menjadi salah satu hambatan kami dalam melakukan registrasi tumbuhan koleksi Kebun Raya Kuningan," ujar Maryoto.

Dengan luas lahan 155 hektare dan banyaknya tanaman koleksi di Kebun Raya Kuningan, Maryoto menargetkan, proses registrasi bisa tuntas dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Itu pun harus didukung oleh tambahan personil yang handal dan peralatan yang memadai agar proses registrasi berjalan sesuai harapan.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9986 seconds (0.1#10.140)