Verfak Jalur Perseorangan, KPU Minta LO Kandidat Kumpulkan Pendukungnya

Kamis, 09 Juli 2020 - 09:17 WIB
loading...
A A A
"Saya tidak tahu pasti, tapi sekira ada diangka 20 persen dari total dukungan yang masuk. Lumayan banyak. Tapi tidak merata di kecamatan, misal di Cenrana ada 70 orang yang tidak bisa ditemui, di Mallawa ada 80 orang," ungkapnya.

Olehnya itu, Mujaddid mengungkapkan PPS meminta kepada LO bakal calon untuk mengumpulkan para pendukung yang tidak ditemui dialamatnya, agar dikumpulkan di satu tempat. Ini dilakukan agar bisa dilaksanakan verifikasi secara kolektif.

"Setelah dikumpulkan, kita lakukan verifikasi secara kolektif. Kalau masih ada pendukung yang tidak sempat datang, maka dia (LO kandidat) bisa mendatangkan ke kantor PPSnya masing-masinh sampai taggal 12 batas akhir pelaksanaan Verfak," jelasnya.

Mujaddid menjelaskan, beragam kondisi data pendukung yang PPS dapatkan di lapangan. Ada yang memenuhi syarat, ada tidak memenuhi syarat. Ada yang ditemukan saat di rumahnya, dan ada yang alamatnya memang tidak temukan dan jingga ada juga yang sudah meninggal.

"Kalau angka pastinya belum bisa diberikan dan dipastikan. Karena ini masih berporoses di bawah. Nanti setelah rekapitulasi baru bisa disebutkan angkanya," kuncinya.

Di Maros, hanya pasangan Muhammad Nur Mahmud-Muhammad Ilyas Cika yang menempuh jalur perseorangan. Mereka berhasil mengumpulkan kurang lebih 26 ribu dukungan yang lolos verifikasi administrasi sebelumnya.
(sri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)