Sempat Kontak Sebelum Ustadz Hilmi Wafat, 9 Orang Positif COVID-19

Rabu, 08 Juli 2020 - 18:29 WIB
loading...
Sempat Kontak Sebelum Ustadz Hilmi Wafat, 9 Orang Positif COVID-19
ilustrasi
A A A
BANDUNG BARAT - Hasil swab test kepada orang terdekat dan sempat kontak dengan almarhum Ustadz Hilmi Aminuddin terkonfirmasi positif COVID-19. Swab test sendiri dilakukan Jumat (3/7/2020) lalu, atau selang tiga hari sejak meninggalnya tokoh pendiri Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

"Hasil swab test menunjukkan ada sembilan orang yang terkonfirmasi positif COVID," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Nanang Ismantoro, Rabu (8/7/2020).

(Baca juga: PPP Janji Tak Usung Calon Kepala Daerah Eks Pecandu Narkoba )

Nanang mengatakan, sebenarnya total ada 63 orang yang menjalani swab test saat itu. Namun sebagian besar hasilnya negatif COVID-19. Mereka adalah orang-orang yang berdasarkan hasil penelusuran sempat kontak dengan Hilmi Aminuddin dalam beberapa hari terakhir sebelum meninggal dunia.

Kepada mereka yang terkonfirmasi positif, pihaknya sudah menginstruksikan agar langsung menjalani isolasi. Kini semuanya sudah menjalani isolasi sesuai protokol kesehatan, baik isolasi secara mandiri ataupun isolasi di beberapa unit pelayanan kesehatan.

"Sudah, sudah, diisolasi. Nanti kami akan lakukan swab test lagi setelah 14 hari untuk mengetahui perkembangannya," kata dia. (Baca juga: Asimilasi Dibatalkan, Pengacara Habib Bahar Smith Gugat Bapas Bogor ke PTUN )

Disinggung mengenai istri almarhum Ustadz Hilmi, Nanang menyebutkan, yang bersangkutan juga terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil swab test. Saat ini dia sedang menjalani perawatan isolasi di RS Santosa Bandung sambil terus dipantau kondisinya.

"Ya benar, istri almarhum juga positif COVID-19 dan sekarang sedang menjalani isolasi di rumah sakit," pungkasnya.

Dinkes KBB awalnya akan melakukan swab test kepada 41 orang yang sempat kontak dengan almarhum Ustadz Hilmi.

Mereka adalah orang yang berdasarkan penelusuran pernah berinteraksi dengan almarhum di kediamannya di Lembang, KBB. Namun ternyata jumlahnya bertambah menjadi 63 orang yang harus menjalani swab test.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)