Rumah Warga Lembang Diterjang Tebing Longsor, 5 Penghuninya Selamat

Rabu, 16 November 2022 - 04:41 WIB
loading...
Rumah Warga Lembang Diterjang Tebing Longsor, 5 Penghuninya Selamat
Bencana longosor kembali terjadi di wilayah Bandung Barat, Selasa (15/11/21022). (Ist)
A A A
BANDUNG BARAT - Bencana longosor kembali terjadi di wilayah Bandung Barat, Selasa (15/11/21022). Kali ini, sebuah rumah di Kampung Patrol Tengah RT 02/12, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), rusak parah akibat diterjang material tanah longsor.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun lima penghuninya terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabatnya yang aman karena rumahnya tidak bisa ditempati dan rawan terjadi longsor susulan.

"Rumah milik Laurentius Dini Rahutomo (47) itu tertimpa longsor tebing setinggi 5 meter dengan panjang 10 meter sehingga genteng dan plafon rumah ambrol karena tertimpa tanah," terang Kepala Desa Suntenjaya, Lembang, Asep Wahyono kepada wartawan.

Dijelaskannya, tebing yang longsor itu posisinya berada di belakang rumah milik korban. Kemudian posisi rumah juga berada di bawah tebing, sehingga ketika terjadi longsor otomatis material tanah menimpa rumah tersebut.

Pascakejadian, kata dia, petugas gabungan bersama warga sekitar langsung ke lokasi untuk mengevakuasi material tanah dan mengamankan perkakas rumah yang masih bisa diselamatkan. Sementara untuk penanganan dan perbaikan akan dilanjutkan besok.

"Kerugian materi masih dihitung, yang jelas tidak ada korban jiwa dan para peghuninya sudah diungsikan ke tempat aman," tandasnya.

Baca: Bandel! Warga di Merangin Lakukan Aktivitas Tambang Ilegal di Area Sutet.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo mengatakan, longsor tersebut terjadi sekitar pukul 12.15 WIB. Penyebabnya karena intensitas hujan yang tinggi di wilayah tersebut dalam beberapa pekan terakhir.

"Longsor tebing itu dipicu hujan yang terus turun setiap hari. Hasil assesment di lapangan bantuan yang dibutuhkan sementara ini, logistik dan karung," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)