Tandai Kebangkitan Usai Pandemi, Warga Bali Suarakan Manfaat Event KTT G20

Senin, 14 November 2022 - 15:07 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Ketua Paiketan Krama Bali, I Wayan Jondra menyebut, penyelenggaraan KTT G20 wajib disyukuri oleh masyarakat Bali, apalagi setelah sebelumnya Bali dihantam begitu keras oleh pandemi.

“Kenyataannya, pariwisata masih mendominasi sumber penghidupan kita. Event ini menunjukkan kepercayaan masyarakat internasional kepada Bali,” sebutnya.

Dia membantah adanya suara-suara yang menyebut event ini hanya menguntungkan para elit dan malah menyusahkan rakyat. “Ada memang hal-hal yang mesti kita tahan dulu, misalnya bagi yang ingin ke Nusa Dua, ya tahan dulu kalau aksesnya sekarang agak sulit,” katanya.

Sementara akademisi Lanang Perbawa menyatakan, keberadaan event internasional adalah bukti bahwa nilai-nilai hidup warga Bali telah mendapat penghargaan dari kalangan internasional.

“Kalau Bali dikenal seperti sekarang, karena sejak nenek moyang kita sudah mengajarkan keselarasan yang langsung diprakttekan dengan penuh keiklasan,” katanya.

“Mereka bahkan tak terlalu banyak berteori dan mencari-cari alasan. Tapi penghormatan terhadap alam, sesama manusia dan kepada penciptanya itu langsung dipraktekkan,” tegasnya.

Baca: 14 KRI Merapat di Perairan Apurva Kempinski Bali, Siagakan Torpedo hingga Roket Penembak Kapal Selam.

Dia berharap. Nilai-nilai keselarasan dan keharmonisan itu nantinya yang akan menginspirasi para pemimpin dunia setelah pulang dari Bali. “Spirit G20 ini khan kesejahteraan yang berkelanjutan, jadi ini sesuai dengan nilai-nilai yang kita yakini,” ujarnya.

Terkait dengan acara itu, Ketua LKP Sunari Made Sunarsa menyatakan, diskusi ini untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Bali akan event KTT G20 dimana masyarakat Bali pun berhak untuk terlibat di dalamnya.

“Kami berharap, aspirasi ini juga mendapat tempat. Jangan sampai, event KTT G20 seolah hanya menguntungkan pemerintah. Tapi kami menegaskan bahwa warga Bali mendukung sepenuhnya dan bisa merasakan manfaatnya,” pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5542 seconds (0.1#10.140)