Hadapi Ancaman Krisis Global, Siswa Siswi SMKN 1 Pacet Cianjur Perkuat Ketahanan Pangan

Selasa, 08 November 2022 - 11:06 WIB
loading...
Hadapi Ancaman Krisis Global, Siswa Siswi SMKN 1 Pacet Cianjur Perkuat Ketahanan Pangan
Siswa siswi SMKN 1 Pacet Cianjur perkuat ketahanan pangan untuk menghadapi ancaman krisis global.
A A A
CIANJUR - Siswa siswi SMKN 1 Pacet, Kabupaten Cianjur melakukan penguatan ketahanan pangan dalam menghadapi ancaman krisis global.

Diketahui, berbagai kalangan memprediksi, Indonesia bakal menghadapi krisis global, termasuk krisis pangan akibat tiga fenomena yakni climate change atau perubahan iklim, Covid-19, dan conflict atau konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

SMKN 1 Pacet yang berada di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah VI Provinsi Jawa Barat telah mengantisipasi ancaman krisis pangan tersebut. Terlebih, SMKN yang berlokasi di Jalan Hanjawar Pacet Nomor 25, Desa Cibodas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur ini memiliki konsentrasi keahlian di bidang pertanian.

Baca juga: Polisi Olah TKP Kebakaran Balai Kota Bandung, 1 Mandor Diamankan 3 Pekerja Dicari

"Generasi muda ini harus tertarik dengan pertanian karena pertanian ini selain program pemerintah sebagai ketahanan pangan dan juga tidak terpengaruh oleh situasi apapun. Yang namanya ketahanan pangan itu tidak terdampak (pandemi Covid-19) walaupun secara harga ada beberapa yang fluktuatif," tutur Kepala Sekolah SMKN 1 Pacet, Ida Yuniati Surtika, Selasa (8/11/2022).

SMKN 1 Pacet sendiri merupakan satu dari 35 SMK di Jabar yang menyandang status Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sejak 2019 lalu. Melalui status BLUD, SMKN 1 Pacet telah mengembangkan dan memasarkan berbagai komoditas pertanian, termasuk produk olahannya dimana paprika menjadi produk unggulannya.

"Jadi kita kembangkan paprika ini karena cocok daerahnya, tapi ada juga beberapa jenis komoditas lain selain paprika," katanya.

Menurut Ida, secara geografis, letak SMKN 1 Pacet sangat diuntungkan baik dari sisi kontur maupun ketinggian tanah yang mendukung produksi produk pertanian berkualitas, terutama paprika. Terlebih, paprika juga merupakan salah salah komoditas pertanian yang kerap dibutuhkan oleh hotel, restoran, super market hingga pasar tradisional.

"Karena kita ada di wilayah pariwisata dan pertanian, oleh karena itu kita kembangkan potensi yang ada di Kabupaten Cianjur, khusus ini di Desa Cibodas, Kecamatan Pacet," katanya.

Ida juga mengatakan bahwa paprika bukan satu-satunya hasil pertanian yang menjadi produk BLUD siswa siswi SMKN 1 Pacet. Pihaknya juga berinovasi dengan menciptakan produk olahan seperti minuman tradisional "Bandrek Jempol", jamu "Herb Way Empon-empon", keripik jamur "Masaru" dan keripik paru nabati "Savana".
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2433 seconds (10.101#12.26)