Wakil Bupati Pelalawan Hadiri Mubes VII Lembaga Adat Petalangan (LAM) Tahun 2022

Senin, 07 November 2022 - 13:20 WIB
loading...
Wakil Bupati Pelalawan Hadiri Mubes VII Lembaga Adat Petalangan (LAM) Tahun 2022
Wakil Bupati Pelalawan Nasarudin hadiri Musyawarah Besar VII Lembaga Adat Petalangan 2022, di Tribun Batin Bunut Muhammad Sidik, Sabtu (5/11/2022).
A A A
BANDAR PETALANGAN - Wakil Bupati Pelalawan Nasarudin menghadiri Musyawarah Besar VII Lembaga Adat Petalangan Tahun 2022, bertempat di Tribun Batin Bunut Muhammad Sidik, pada Sabtu (5/11/2022).

Hadir dalam kegiatan ini wakil bupati Nasarudin selaku Timbalan Setia Amanah Payung Panji Adat, Ketua DPRD Pelalawan Baharudin, mantan Bupati Pelalawan H. M. Harris, Plt Ketua Lembaga Adat Petalangan Marhadi MR. Hadirr pula Ketua Majelis Tinggi Hukum Adat Petalangan Arifin, Camat Bandar Petalangan Syamsi, ketua panitia pelaksana kegiatan Eka Putra beserta anggota, upika kecamatan Bandar Petalangan, Datuk, penghulu kerapatan adat Petalangan se- Kabupaten Pelalawan.

Dalam kata sambutan Plt Ketua Lembaga Adat Petalangan Marhadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua undangan yang telah dapat hadir dalam kegiatan mubes Lembaga Adat Petalangan ke- 7 ini. “ Kami juga mohon maaf jika pelayanan kami yang kurang baik dan duduk kurang pada tempatnya, Saya berharap kepada kita semua mari kita sama-sama bermusyawarah, kita kemukakan musyawarah untuk mufakat untuk memilih siapa yang akan menjadi pimpinan lembaga adat Petalangan ke depannya, “katanya.

Selanjutnya Ketua Majelis Tinggi Hukum Adat Petalangan Arifin, dalam sambutannya juga menyampaikan, "Belajar kita dari pengalaman bahwa Lembaga Adat Petalangan sudah 35 tahun berdiri dan di kabupaten Pelalawan ada tiga kelembagaan yaitu adat Petalangan, Pesisir dan kabupaten dan kita berharap semoga ketiga lembaga ini menjadi sebuah kekuatan menjalin persatuan duduk sama rendah berdiri sama tinggi dan kalau managemennya kita atur dengan baik maka lembaga adat yang ada di kabupaten Pelalawan ini akan maju, “ucapnya.

Selanjutnya Wakil Bupati Nasarudin menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Pelalawan yang tidak bisa hadir dalam acara ini karena ada kegiatan lain di Pekanbaru yang tidak bisa ditinggalkan.

Ia mengatakan dalam musyawarah LAM Adat petalangan kali ini ruhnya berbeda. Dulu dihadiri anak-anak muda dan anak sekolah, namun sekarang tinggal hanya batin dan penghulunya saja di acara ini.

“Saya juga berharap ke depannya adat Petalangan ini memang harus betul-betul bangkit dan betul- betul terhadap pembinaan anak kemanakan kita semua, di waktu kesempatan apabila saya hadir diacara pesta saya menyampaikan kepada anak- anak muda bahwa budaya bagondang dan bersilat adalah tradisi kita dan perlu di tampilkan disetiap acara nikah kawin dan ini harus dibukukan, “ katanya.

Ia juga mengatakan jika ada suku Batak, Nias dan suku Jawa dan lain sebagainya kita sama- sama duduk artinya payung Panji pemerintah dan LAM Petalangan ini, pesisir dan kabupaten ini menaungi semua suku yang ada dibawah kekuasaan kebatinan.

Musyawarah Besar VII Lembaga Adat Petalangan tahun 2022 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Nasarudin dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali yang disaksikan oleh Datuk dan penghulu pemangku adat Petalangan.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)