Festival Balayah Lanting Lamandau Berjalan Sukses, Ribuan Penonton Terpesona

Senin, 07 November 2022 - 08:23 WIB
loading...
Festival Balayah Lanting Lamandau Berjalan Sukses, Ribuan Penonton Terpesona
Ribuan orang antusias menyaksikan Festival Balayah Lanting yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau pada Sabtu (5/11/2022).
A A A
NANGA BULIK - Ribuan orang antusias menyaksikan Festival Balayah Lanting yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau pada Sabtu (5/11/2022).

Kesuksesan gelaran acara tersebut diyakini menjadi momen penting untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kecamatan Delang, kabupaten setempat. Terbukti, Festival Balayah Lanting itu mampu menyedot ribuan pengunjung yang memadati pusat kegiatan.

“Festival Balayah Lanting menjadi kesempatan berharga bagi pemerintah setempat untuk memperkenalkan wisata yang ada di Kecamatan Delang,” ujar Bupati Lamandau Hendra Lesmana.

Menurutnya, saat ini Pemkab Lamandau sedang gencar-gencarnya mengembangkan sektor unggulan, salah satunya di bidang pariwisata.

Ia berharap Festival Balayah Lanting 2022, berdampak positif terhadap perkembangan desa-desa yang ada di Kecamatan Delang, terutama peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Ribuan pengunjung yang hadir, kata dia, tentu sangat berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan penuhnya kafe, warung makan dan usaha suvenir masyarakat sekitar.

“Suksesnya kegiatan festival memberi motivasi untuk masyarakat untuk berkreasi dan terus berinovasi demi kemajuan pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat,” ucap Bupati Hendra.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lamandau Meigo Basel menjelaskan, jumlah peserta yang turut meramaikan Festival Balayah Lanting 2022 sebanyak 69 lanting, termasuk disiapkan lanting khusus untuk Bupati Lamandau.

“Meskipun perlu pembenahan, namun secara keseluruhan kegiatan berlangsung dengan aman dan sukses,” ujarnya.

Festival Balayah Lanting di Sungai Delang berhasil menduduki puncak teratas dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2759 seconds (0.1#10.140)