ASN Harus Jadi Agen Perubahan yang Menebar Perdamaian dan Cegah Radikalisme

Sabtu, 05 November 2022 - 09:24 WIB
loading...
A A A
Oleh karena itu, dia meminta kepada para generasi penerus bangsa, seluruh masyarakat termasuk para ASN harus berterima kasih terhadap para pendahulu bangsa. Para pendahulu sudah memikirkan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan ideologi Pancasila sebagai dasar negara

“Insya Allah apda 2045 nanti Indonesia ini akan menjadi negara terbesar, termasuk negara yang kuat karena kita punya bonus demografi yang sangat luar biasa sekali. Kalau masih ada yang ribut mempertentangkan dasar negara tentunya itu adalah proxy semua yang ingin menghancurkan negara, apalagi kalau sampai membawa-bawa agama. Tentunya itu sangat berbahaya bagi persatuan bangsa ini,” tandasnya.

Selain terhadap para ASN, dirinya juga berharap kepada masyarakat Kabupaten Pemalang yang dinilainya sebagai masyarakat Islam yang washatiayah untuk selalu mengedepankan Islam yang moderat, akhlakul karimah ataurahmatan lil alamin.

“Saya yakin masyarakat Pemalang sangat kental dengan nilai-nilai moderasi beragama, menghargai, menghormati yang kemudian ada keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat. Artinya saling menghargai karena dari dulu sebetulnya Pemalang luar biasa sebagai daerah yang masyarakatnya damai,” ujarnya.

Sementara itu, plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat berharap seminar kebangsaan ini menjadi langkah strategis dalam mencegah paham radikalisme dan terorisme di lingkungan ASN dan juga masyarakat.

“Karena dalam mencegah dan menangkal radikalisme, diperlukan pemahaman yang utuh termasuk ciri-cirinya, indikasi seseorang terpengaruh paham ini, bagaimana awal mula masuk dan mempengaruhi kehidupan sosial serta bagaimana paham ini menyebar,” tegasnya .

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pemalang, Madatsir Mas’ud, mengatakan bahwa inti supaya masyarakat Pemalang ini terhindar dari paham radikal, intoleransi dan terorisme adalah kerukunan.

“Bagaimana bisa aman kalaunggakrukun. Alhamdulillah untuk Pemalang enam agama ini luar biasa kerukunannya. Duduk bersama dan kalau ada apa-apa hubungan dengan pemerintah daerah pasti dirukunkan dengan baik. Dari sekian tahun belum pernah terjadi apa-apa di Pemalang itu sangat luar biasa Alhamdulillah,” ujarnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)