Ketua DPRD Kendal Launching Suara Mas, Aspirasi Bisa Disampaikan Secara Online

Minggu, 30 Oktober 2022 - 19:48 WIB
loading...
Ketua DPRD Kendal Launching Suara Mas, Aspirasi Bisa Disampaikan Secara Online
Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun saat meluncurkan Suara Mas di Hotel Ramada Suites Hotel Solo, Kamis (27/10/2022).
A A A
KENDAL - Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun secara resmi melaunching penggunaan Suara Mas sebagai saluran penyampaian aspirasi masyarakat kepada para anggota DPRD Kabupaten Kendal.

Makmun mengatakan, penyerapan aspirasi masyarakat merupakan salah satu instrumen anggota DPRD dalam menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat. Untuk mengoptimalkan kegiatan yang telah dilakukan para anggota DPRD Kendal, diperlukan terobosan baru agar masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara lebih mudah.

“Diluncurkannya Suara Mas ini sebagai salah satu wujud komitmen kami untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Melalui kanal ini, masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya secara online,” kata Makmun, saat meluncurkan Suara Mas di Hotel Ramada Suites Hotel Solo, Kamis (27/10/2022).

Selain untuk memudahkan penyampaian aspirasi masyarakat, menurut Makmun peluncuran Suara Mas untuk mendukung tata kelola pemerin

Ketua Dewan yang tengah mengambil studi magister politik digital di Universitas Diponegoro ini menegaskan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung kinerja DPRD Kendal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk menerapkan e-government atau pemerintahan berbasis digital.

“Suara Mas yang digagas oleh Pak Anwar ini sangat positif dan karena itu perlu didukung dan disebarluaskan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kendal, Anwar Haryono selaku penggagas Suara Mas menyampaikan idenya ini dilatarbelakangi keinginan untuk mempermudah masyarakat menyampaikan aspirasi kepada para anggota dewan.

“Aspirasi ini jembatan penting yang menjadi simbiosis mutualisme. Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya, bagi anggota DPRD dapat membangun kepercayaan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan, selama ini penyerapan aspirasi dilaksanakan melalui mekanisme reses atau kegiatan di luar masa sidang dewan. Selain itu, dari pihak Sekretariat DPRD Kendal juga telah menyediakan kanal aspirasi melalui website dan media sosial.

“Untuk mengoptimalkan kanal-kanal yang sudah ada itu, saya menggagas sebuah proyek perubahan (proper) terkait tata kelola penyerapan aspirasi masyarakat yang lebih mudah diakses dan masyatakat bisa memantaunya,” terangnya.

Anwar menegaskan salah satu tugas utama Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sekretariat DPRD adalah untuk mendukung kinerja para anggota dewan dalam menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat. Karena itu, Suara Mas digagas untuk memperbaiki mekanisme pengelolaan dan saluran aspirasi masyarakat dengan memanfaatkan sarana yang ada.

Sebagai informasi, strategi optimalisasi penyerapan aspirasi masyarakat melalui Suara Mas dalam mendukung penguatan kinerja DPRD Kendal ini akan mengkolaborasikan penyerapan aspirasi melalui reses dan di luar reses. Yakni dengan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasi dan memantaunya.
tahan yang lebih akuntabel dan lebih responsif.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)