Ketua DPRD Dorong KNPI Jadi Penggerak Kreativitas Pemuda di Kendal

Selasa, 10 Agustus 2021 - 19:10 WIB
loading...
Ketua DPRD Dorong KNPI Jadi Penggerak Kreativitas Pemuda di Kendal
Ketua DPRD Kendal Muhamad Makmun saat menerima audiensi pengurus DPD KNPI Kendal di ruang kerjanya, Selasa (10/8/2021).
A A A
KENDAL - Ketua DPRD Kabupaten Kendal Muhamad Makmun mengajak para pemuda untuk proaktif terlibat dalam kegiatan pembangunan di daerah. Gagasan dan ide kreatif dari para pemuda sangat diperlukan untuk membangun Kabupaten Kendal yang lebih baik.

Ketua DPRD Kabupaten Kendal Muhamad Makmun mengatakan, di zaman yang serba digital sekarang ini semuanya bergerak dengan cepat. Pemuda harus mampu beradaptasi atau akan tertinggal. KNPI harus bisa mengambil peran penting dalam situasi ini. Karena Kendal ke depan diawali dari para pemudanya hari ini.

"Kami di legislatif juga terus mendorong pemerintah daerah untuk melakukan langkah percepatan untuk mengoptimalkan potensi yang ada. Di sisi lain, SDM lokal juga harus disiapkan agar bisa berkompetisi di era industri 4.0 dan zaman yang serba digital ini," kata Makmun saat menerima audiensi pengurus DPD KNPI Kendal di ruang kerjanya, Selasa (10/8/2021).

Politisi PKB yang dikenal intens dengan organisasi kepemudaan dan komunitas pesantren ini, lebih lanjut mendorong para kader KNPI untuk menggali potensi yang ada di daerahnya. Kabupaten Kendal saat ini memiliki posisi yang strategis untuk menjadi penggerak ekonomi di Jawa Tengah pasca ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Sementara itu, Parno Ketua KNPI Kabupaten Kendal mengatakan, KNPI sebagai induk organisasi kepemudaan siap merangkul pemuda dan seluruh elemen masyarakat untuk membangun Kabupaten Kendal yang lebih baik.

"Banyak potensi yang dapat kita kembangkan untuk memajukan Kendal. Kita akan sinergikan potensi-potensi yang ada dengan para pemangku kepentingan terkait. Dengan energi para pemuda yang kami miliki, kami optimistis dapat diwujudkan," ujarnya.

Di antara yang telah digagas, adalah membuat wadah pasar online bagi UMKM di Kendal. Pasar online ini akan menjadi media bagi para pelaku UMKM untuk terhubung dengan pasar.

"Sekarang ini eranya serba digital, UMKM pun perlu didorong ke sana. Sejalan dengan program digitalisasi UMKM yang sedang digalakkan Pemkab Kendal, kami punya gagasan untuk membuatkan pasar online untuk memudahkan pelaku UMKM bertransaksi," ucapnya.

Mengenai bentuknya, pihaknya akan membuatkan aplikasi marketplace yang bisa diakses pelaku UMKM dan calon pembeli. Untuk tahap awal, fokusnya UMKM lokal.

Audiensi pengurus KNPI Kendal diikuti jajaran pengurus harian. Hadir dalam audiensi, sejumlah Anggota DPRD, di antaranya Kholid Abdillah, Rizki Aritonang, Dian Alfat Muchammad, yang juga duduk di jajaran pengurus dan dewan penasehat.

Kepengurusan KNPI periode 2021-2024 di bawah kepemimpinan ketua terpilih Gus Parno, sedianya akan dilantik pada September mendatang di Gedung DPRD. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)