Masa Kedaluwarsa Gas Air Mata Buatan Pindad 3 Tahun

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:18 WIB
loading...
A A A
Selama ini, Pindad hanya menggunakan CS (2-Chlorobenzalmalononitrile, C10H5CIN2) baik yang berbentuk serbuk maupun asap dan tidak ada yang menggunakan isian bahan CN (2-Chloroacetophenone, C8H7CIO).



"Produk dari Pindad menggunakan CS dan tidak ada gas beracun seperti sianida yang diberitakan di beberapa media dan kemudian gas CN dan gas yang lain itu tidak ada, kami hanya menggunakan senyawa CS," jelasnya.

"Yang CN-nya sianida itu juga berbeda, jadi tidak tepat. Kalau yang CN gas air mata itu berbeda dengan CN-nya sianida dan kami pastikan, kami dari Pindad hanya menggunakan CS," tegasnya.

Prima kembali menjelaskan, bahwa efek bahan CS sendiri hanyalah iritasi dan berdasarkan pengujian di ruang terbuka. Efek tersebut dapat berangsur-angsur hilang dalam waktu 20-30 menit.



"Jadi sebenarnya gas air mata (buatan Pindad) itu emisinya hanya 20 detik di ruang terbuka. Jadi dia pada saat lebih dari 20 detik harusnya itu konsentrasinya sudah jauh menurun, jadi pada saat eksposur sudah turun," katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose menyatakan, berdasarkan berbagai masukan dari pengguna, isian CS lebih diutamakan dari sisi keamanan, sehingga Pindad tidak menggunakan isian CN.

Menurutnya, penggunaan CS sendiri telah diketahui secara umum dan aman digunakan secara luas sebagai bahan kandungan yang sudah menjadi standar pada gas air mata di dunia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0071 seconds (0.1#10.140)