Silatnas IKA Unisma: Penguatan Entrepreneurship di Kampus Merdeka

Minggu, 05 Juli 2020 - 17:39 WIB
loading...
A A A
Satu semester magang di desa untuk membantu desa mengembangkan sumberdayanya seperti potensi desa yang bisa dijadikan wisata. Bisa juga mahasiswa dari fakultas hukum bisa magang di bank komersial atau koperasi. Dengan magang di tempat tersebut, mahasiswa akan mengetahui secara detail sengketa keuangan atau perbankan, dan dengan cepat belajar dari kasus tersebut.

Di dunia nyata, lanjutnya, sebenarnya tidak ada orang yang 100 persen spesialis, dia harus belajar dari bidang-bidang lain untuk melengkapi dasar keilmuanya. Dengan demikian, setelah dia lulus para mahasiswa yang ikut dalam merdeka belajar ini dapat terserap dalam angkatan kerja di dunia usaha maupun industri. Bahkan, mahasiswa bisa menjadi pelaku usaha baru dengan pengalaman dan ketrampilan selama magang tiga semester ini.

Hal senada juga diungkapkan Muhammad Maulud yang akrab dipanggil Ilud. Alumni Fakultas Pertanian Unisma yang juga Ketua Umum Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia (KBHI) ini, mengungkapkan, kebijakan kampus merdeka seyogyanya berisi muatan 30 persen teori dan 70 persen praktik.

"Hal ini sering saya sampaikan ke pihak almamater dalam hal ini pihak Fakultas Pertanian Unisma. Hal ini untuk memberikan penguatan kepada mahasiswa, karena selama ini hanya kuat di sisi teori saja," ungkapnya.

(Baca juga: Wisata Gunung Bromo Segera Dibuka, Jumlah Pengunjung Dibatasi )

Dia mengatakan, berdasarkan pengalaman dari mahasiswa magang di tempat kerjanya, sejak tahun 1997 sampai sekarang. Bulan pertama, mahasiswa belajar dari hulu sampai hilir, dan satu bulan berikutnya harus memulai dengan usaha yang dirintisnya, serta di bulan ketiga mereka sudah terampil dan berkemampuan dalam menjalankan usahanya setelah proses magang ini.

Sejak awal mahasiswa diperkenalkan dengan bidang studi yang dipilihnya, dan di tahun kedua diarahkan pada jurusan yang akan dipilih sekaligus ruang lingkupnya. Tidak hanya dari segi teori, tetapi juga dilakukan pengenalan lapangan pada pekerjaan sebagai profesi.

"Kami juga menawarkan kerjasama dengan Unisma, karena kami diminta oleh Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian untuk mengembangkan lahan 10 ribu hektar tanaman jagung," ujarnya dihadapan 522 peserta daring Silatnas IKA Unisma.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)