25 Makam di TPU Sirnaraga Bandung Rusak Tergerus Hujan Deras

Rabu, 05 Oktober 2022 - 09:54 WIB
loading...
25 Makam di TPU Sirnaraga Bandung Rusak Tergerus Hujan Deras
Sebanyak 25 makam di TPU Sirnaraga rusak, akibat hujan deras yang mengguyur Kota Bandung pada Selasa (4/10/2022).Foto/ist
A A A
BANDUNG - Sebanyak 25 makam di TPU Sirnaraga rusak akibat hujan deras yang mengguyur Kota Bandung pada Selasa (4/10/2022). Makam tersebut tergerus air dari Sungai Citepus setelah kirmir (penahan bibir sungai) di sungai tersebut amblas.

Menurut Sekdis Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang (Diciptabintar) Kota Bandung Tadjudin Sastrawinata total makam yang terdampak akibat hujan lebat kemarin mencapai 25 makam. 10 makam rusak berat dengan kondisi terbuka, nisan rusak, amblas, dan lainnya.

"Dari 25 makam, 10 makam harus segera direlokasi karena rusak berat. Sedangkan 15 makam lainnya terdampak dan perlu penanganan segera," jelas Tadjudin di TPU Sirnaraga, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Putus Ruang Gerak Rentenir, DPRD Usulkan Pembentukan Perda Bank Keliling

Menurut dia, makam tersebut posisinya berada di pinggir Sungai Citepus. Pada sore kemarin, kondisi debit air sangat besar, sementara kondisi Sungai berkelok. Tak hanya air, hujan deras juga menyebabkan limpahan air dari bagian atas makam yang mengarah ke bibir sungai.

"Hujan deras kemarin menyebabkan debit air di Sungai Citepus naik dan menggerus kirmir. Kemudian ada limpahan air juga dari Jalan Citepus dan menggerus kirmir makam, " jelas dia.

Diakuinya, kondisi makam di TPU Sirnaraga memang terbelah menjadi dua dengan Sungai Citepus. Beberapa makam berada di samping Sungai. TPU Sirnaraga saat ini telah menampung lebih dari 47.574 makam sejak tahun 1920
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)