Webinar 'Krisis Iklim', Efek Rumah Kaca Turun Drastis Selama COVID-19

Sabtu, 04 Juli 2020 - 17:10 WIB
loading...
A A A
Krisis iklim ini, tutur Ratnasari, dampaknya sudah terasa seperti musim panas berkepanjangan sehingga berdampak pada kekeringan. Musim hujan lebih panjang sehingga memicu banjir dan tanah longsor.

"Dampak lain, air tanah terkontaminasi air laut (intrusi air laut) karena permukaan laut meningkat. Itu dampak krisis iklim yang sudah dan sedang kira rasakan. Jadi, climate change itu bukan hoax (kabar bohong)," tutur Ratnasari.

Ratnasari mengungkapkan, salah satu kontributor terbesar peningkatan emisi gas rumah kaca di dunia adalah penggunaan fosil fuel atau bahan bakar fosil yang jadi bahan bakar kendaraan. Di masa pandemi, emisi gas rumah kaca akibat kendaraan bemotor berkurang.

"Saat pandemi COVID-19, emisi gas rumah kaca ini berkurang signifikan terutama di sektor transportasi karena orang-orang di rumah, tidak di luar. Penurunannya mencapai 13-16 persen. Hanya memang, konsumsi energi tidak turun signifikan karena orang di rumah menggunakan listrik untuk kebutuhan masing-masing," ungkap dia.

Sementara itu, Guru Besar FH Unpad Ida Nurlinda mengatakan, selain berkontribusi pada perbaikan iklim, pandemi COVID-19 justru menumbuhkan limbah plastik dan detergen untuk cuci tangan. Kemudian menambah sampah akibat penggunaan alat pelindung diri (APD).

Menurut Ida, mengurangi emisi gas rumah kaca supaya tidak memperparah krisis iklim bisa dilakukan dengan mengurangi transportasi sebagai efisiensi energi. Di sisi lain,Indonesia dengan beragam suku dan adat, memiliki kearifan lokal yang sangat mendukung kelestarian lingkungan.

"Banyak kearifan lokal di Indonesia yang mendukung penanganan perubahan iklim karena kearifan lokal ini efektif membantu pemerintah menangani perubahan iklim," kata Ida.

Tinggal ke depan, ujar dia, tantangannya adalah bagaimana dampak COVID-19 yang memberi kontribusi positif terhadap penurunan emisi gas rumah kaca tetap berlangsung setelah COVID-19 berakhir.

Kearifan lokal yang memberi kontribusi terhadap penanganan climate change terbukti berhasil. Seperti dikisahkan Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) Gita Syahrani.

Gita mengatakan, LTKL tidak mengklaim daerahnya sudah ;estari, hanya memang itu jadi tujuan. LTKL ini beranggotakan sejumlah kabupaten di Indonesia yang berkomitmen terhadap keberlangsungan lingkungan untuk menekan krisis iklim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)