alexametrics

COVID-19 di Jayapura Meningkat, Ahli Epidemiologi Uncen Berikan Rekomendasi ke Pemda

loading...
COVID-19 di Jayapura Meningkat, Ahli Epidemiologi Uncen Berikan Rekomendasi ke Pemda
Ahli Epidemiologi Universitas Cenderawasih, Dolfinus YUBO Bouway. (Foto/ist)
A+ A-
JAYAPURA - Tingkat penyebaran wabah COVID-19 di Kota Jayapura sangat memprihatinkan. Kasus warga yang positif atas penyakit tersebut terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

Rendahnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan an anjuran pemerintah menjadi salah satu faktor terus meningkatnya penyakit yang hingga kini belum ada vaksinnya tersebut.

Terkait hal itu, ahli epidemiologi dari Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Dolfinus "YUBO" Bouway, mengatakan, penyebaran COVID-19 di Kota Jayapura karena transmisi lokal sangat cepat dan masif. Hal ini dipicu masih rendahnya kesadaran warga untuk melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.(BACA JUGA: Isak Tangis Warnai Pemakaman Anggota TNI AD yang Gugur di Kongo)

Menurut YUBO sapaan akrab Dolfinus Bouway, persentase pasien yang sembuh di Kota Jayapura pun masih rendah, yakni di bawah 5 persen. Idealnya, angka kesembuhan di atas 15 persen.



Dirinya pun memberikan rekomendasi kepada pemerintah Provinsi Papua dan Kota Jayapura untuk jangan dulu menetapkan status normal baru di Kota Jayapura, karena penyebaran virus ditengah-tengah warga masih sangat tinggi.

"Saya merekomendasikan pemerintah daerah setempat jangan dulu menetapkan normal baru di Kota Jayapura sebab penyebaran virus di tengah warga masih tinggi," ujar doktor Ilmu Epidemiologi jebolan Universitas Indonesia ini.



Sementara itu, hingga saat ini, tingkat kasus warga yang positif COVID-19 di kota Jayapura terus meningkat dalam kurun waktu beberapa hari terakhir. Tercatat hingga Kamis (2/7/2020), jumlah kumulatif kasus telah mencapai 1.051.

Salah satu faktor meningkatnya kasus Covid-19 tersebut, salahsatunya adalah akibat masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak