Gubernur Khofifah Berharap Jawa Timur Punya Banyak Laboratorium Halal Food

Rabu, 21 September 2022 - 08:59 WIB
loading...
Gubernur Khofifah Berharap Jawa Timur Punya Banyak Laboratorium Halal Food
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi salah satu stan pameran dalam acara East Java Halal Agro Industry Festival Tahun 2022.
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa membuka gelaran East Java Halal Agro Industry Festival Tahun 2022 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Novotel Samator, Surabaya, Selasa (20/9/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 150 perwakilan yang terdiri dari kementerian lembaga, ormas, perguruan tinggi, pegiat halal, hingga industri dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Jatim. Festival ini digelar untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing produk halal di Jatim.

Khofifah mengatakan, East Java Halal Agro Industry festival memberikan ruang bagi produk-produk halal berkembang pesat. Meski begitu, Jatim masih membutuhkan penambahan laboratorium halal food untuk meningkatkan produk bersertifikat halal.

Baca juga: 13 Desa Berkembang di Bawean Ditarget Jadi Desa Maju di 2023

Terlebih ada target yang ditetapkan pemerintah, bahwa di tahun 2023 sebanyak 10 juta produk IKM tersertifikasi halal. Oleh sebab itu, ia mengajak para elemen strategis untuk turut membantu penguatan peningkatan produk halal food di Jatim dengan memperbanyak laboratorium.

“Bersama-sama sekarang kita ihtiarkan langkah strategis bagaimana penguatan laboratorium bisa disiapkan lebih banyak lagi. Supaya percepatan sesuai target pemerintah bisa kita capai," ujarnya.

Di hadapan Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Putu Rahwidhiyasa, Khofifah juga menyampaikan pentingnya dukungan keuangan bagi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

“Karena kalau anggarannya kecil, maka upaya untuk mencapai target pemerintah di tahun 2023 sebanyak 10 juta produk IKM tersertifikasi halal juga sulit dicapai,” tegasnya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2249 seconds (11.210#12.26)