7 Keris Legenda yang Disebut Memiliki Kesaktian di Nusantara

Jum'at, 16 September 2022 - 18:12 WIB
loading...
A A A
5. Keris Kyai Carubuk

Keris Kyai Carubuk dibuat oleh Mpu Supo Mandrangi atas permintaan dari Sunan Kalijaga. Konon, keris ini disebut bisa menandingi keris sakti Setan Kober yang dimiliki Arya Penangsang.

Pada pemberian namanya, Carubuk memiliki arti ‘Bagaikan Bumi’. Adapun filosofinya sendiri adalah agar manusia dapat menerima segala situasi apa pun dengan lapang dada.

Baca juga : Keajaiban Kayangan Api, Tempat Semedi Pembuat Keris Majapahit

6. Keris Ageng Kopek

Keris Ageng Kopek merupakan salah satu pusaka di lingkungan Keraton Yogyakarta. Berstatus peninggalan Sunan Kalijaga, keris ini memiliki nilai dan kedudukan yang cukup tinggi atas jasa-jasanya ketika digunakan.

Keris ini konon dilambangkan sebagai pemimpin rohani dan dunia. Pemegangnya sendiri hanya dikhususkan untuk para Sultan yang bertahta di Keraton Yogyakarta, sehingga tidak sembarang orang bisa memakainya.

7. Keris Mpu Gandring

Berbicara tentang keris legenda, keris Mpu gandring tentu sudah cukup banyak dikenal dari sejarahnya. Diceritakan dalam riwayatnya, keris tempaan Mpu Gandring ini merupakan permintaan dari Ken Arok.

Namun, saat pengerjaannya belum selesai, Ken Arok membunuh Mpu Gandring. Merasa dikhianati, akhirnya keris tersebut dikutuk oleh Mpu Gandring dan akan membunuh 7 keturunan dari Ken Arok.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1679 seconds (10.55#12.26)