7 Keris Legenda yang Disebut Memiliki Kesaktian di Nusantara

Jum'at, 16 September 2022 - 18:12 WIB
loading...
A A A
Adapun pembuatannya sendiri ditujukan untuk meredam bencana yang kala itu sedang terjadi. Dari desainnya, keris nogososro memiliki motif naga utuh dengan mulut naga menggigit batu intan dari bagian gandik hingga ekornya.

Selain itu, keris ini juga mempunyai 1.000 sisik yang konon bermakna bisa menangkal 1.000 bencana.

3. Keris Setan Kober

Masih dari buatan Mpu Supo Mandrangi, kali ini ada keris setan kober atau dikenal juga dengan Bronggot Setan Kober. Konon, keris ini sempat dimiliki Sunan Kudus sebelum akhirnya diberikan kepada muridnya, yaitu Arya Penangsang.

Dalam sifatnya, Arya Penangsang diketahui sebagai sosok kepribadian tegas serta memiliki kemampuan sakti. Sedangkan keris tersebut terkenal sebagai senjata pusaka haus darah.

Dalam sejarah dikatakan bahwa Arya Penangsang sendiri mati karena terhunus kerisnya sendiri. Setelahnya, keberadaan keris setan kober ini tidak diketahui secara pasti.

4. Keris Condong Campur

Keris Condong Campur menjadi salah satu senjata pusaka peninggalan Kerajaan Majapahit. Penyematan nama Condong Campur sendiri diartikan sebagai sebuah kemauan untuk menyatukan perbedaan.

Condong yang berarti miring merujuk kepada sebuah arah yang bisa dimaknai sebagai keberpihakan. Konon, keris ini merupakan milik Mpu yang berjumlah 100 orang dan dibuat dengan bahan yang diambil dari banyak tempat.

Tujuannya agar bisa menjadi keris pusaka yang sakti dan tidak memiliki sisi jahat atau aura negatif dan bisa menyebabkan marabahaya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1676 seconds (10.101#12.26)