7 Keris Legenda yang Disebut Memiliki Kesaktian di Nusantara

Jum'at, 16 September 2022 - 18:12 WIB
loading...
7 Keris Legenda yang Disebut Memiliki Kesaktian di Nusantara
Sedikitnya ada tujuh keris legenda yang dianggap mempunyai kesaktian di nusantara. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh keris legenda yang dianggap mempunyai kesaktian di Nusantara . Dalam sejarahnya, keris dikenal sebagai salah satu benda pusaka yang memiliki kekuatan atau kesaktian.

Bagi sebagian masyarakat, khususnya di Pulau Jawa, disamping kekuatan magisnya, keris juga memiliki nilai tertentu dan dihormati sebagai peninggalan bersejarah yang telah diturun temurunkan.

Baca juga : Pertempuran Sengit Keris Condong Campur Melawan Keris Kiai Sangkelat dari Raden Fatah

Dihimpun dari pemberitaan MPI, berikut tujuh keris legenda yang dianggap mempunyai kesaktian di Nusantara

1. Keris Kyai Sengkelat

Keris Kyai Sengkelat merupakan keris buatan Empu Supo Mandrangi atas perintah Sunan Kalijaga. Adapun nama Sengkelat sendiri berasal dari kata bahasa Jawa, yaitu “Sengkel Atine” yang berarti kesal atau marah. Konon, penyematan nama ini didasarkan pada kondisi Kerajaan Majapahit kala itu.

Keris Kyai Sengkelat kerap disebut sakti mandraguna. Pembuatannya sendiri digunakan untuk menandingi kesaktian Keris Nogo Sosro ataupun Keris Sabuk Inten. Konon, siapa pun yang memiliki keris ini akan mendapat kewibawaan dan kehormatan, serta menjadi disegani orang-orang.

Sehingga, keberadaan Keris Kyai Sengkelat ini cukup banyak menarik perhatian dan diinginkan orang-orang.

2. Keris Nogososro

Keris Nogososro merupakan senjata pusaka yang dimilik Kerajaan Majapahit. Memiliki luk 13 dengan bertahtakan emas serta berlian, keris ini dibuat pada masa pemerintahan Prabu Brawijaya V oleh Mpu Sedayu atau biasa dikenal dengan Mpu Supo Mandrangi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1796 seconds (11.252#12.26)